Profile
Tuberkulosis

Bagaimana cara menghilangkan bengkak pada leher?

Bagaimana cara menghilangkan bengkak pada leher?
Palembang

siang dok.. 1,5 buan lalu sy menjalani test mantoux,kultur pa, dan rontgen karena pembengkakan pada leher bagian kanan (limfadenitis) dari hasil test mantoux saya positif terkena tb kelenjar. setelah 1 bln minum obat secara teratur berangsur2 fisik sdh mulai membaik dan tidak mudah lelah serta pembengkakan mulai turun... hanya saja kesalahan yg saya lakukan adalah luka bekas pengambilan sampel saya bersikan dgn air mandi sehingga luka tsb sampai sekarang masih basah dan ada nanah diikuti dgn pembengkakan dileher mulai sdkt membesar (keras dan kaku) lg.setelah konsultasi ke dokter luka tsb disarankan untuk dibersihkan hanya dengan obat merah. setelah saya jalani 1 minggu luka mulai membaik. yg ingin saya tanyakan knp pembengkakan itu bisa membesar lagi? apakah krn luka yg infeksi? dan apakah meminum obat tb itu seketika bs hilang bengkaknya atau pembengkakan akan turun secara perlahan setelah min 6 bln saya minum oat(saya minum oat rutin)?? dan apa yg harus saya lakukan untuk menghilangkan benjolan pada leher tsb? terimakasih sblmnya atas infonya

Answers

3 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Halo, Selamat Siang

    Ya, untuk penyembuhan TB kelenjar getah bening di leher yang anda alami, memang anda harus berobat selama minimal 6 bulan secara rutin.

    Pembesaran kembali memang bisa disebabkan oleh kuman lain selain kuman TB, namun demikian prioritas saat ini adalah untuk penyembuhan TB nya terlebih dahulu. Anda dapat membersihkannya setiap hari dengan larutan antiseptik seperti larutan povidone iodine yang diencerkan. Bisa saja terjadi infeksi campuran antara TB dan kuman lain, namun yang paling penting sekarang adalah untuk tetap melanjutkan pengobatan TB tersebut ( jangan sampai putus).

    Demikian, semoga membantu. Terima Kasih

  • terimakasih dok jawabannya. saya agak khawatir dgn pembengkakan tersebut...

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    TBC kelenjar tidak menular kepada orang lain. Kecuali penderita TBC kelenjar bersangkutan juga menderita penyakit TBC paru. Maka kuman TB yang terdapat didalam paru-paru dapat menular keorang lain. Penularan TB paru tersebut terjadi melalui udara, yaitu pada saat penderita batuk, tertawa, atau bersin.

    TBC kelenjar merupakan TBC yang terjadi diluar paru-paru atau ekstra paru. Beberapa penyakit TBC ekstra paru yang ditemukan antara lain TBC Kelenjar, TBC Usus, TBC Kulit, Mengitis TBC, TBC Ginjal, dan TBC Hati.

    TBC Kelenjar ditemukan disekitar leher berupa pembesaran kelenjar getah bening. Salah satu kelenjar getah bening yang banyak terserang adalah kelenjar yang ada di leher. Kelenjar getah bening itu terdapat pada beberapa bagian tubuh yang berbeda mulai dari leher, ketiak, sela paha serta didalam perut. Dan bila terjadi infeksi pada tubuh biasanya kelenjar itu akan membengkak.

    Jika dilihat dari gejala klinisnya, derita TBC kelenjar diawali demam berkepanjangan, batuk lama, nafsu makan menurun, serta munculnya benjolan-benjolan pada leher atau ketiak serta sela paha. Hanya saja, yang paling banyak ditemukan adalah adanya benjolan dileher. Benjolan yang merupakan pembesaran kelenjar itu biasanya akan terlihat mengelompok. Dan suatu saat benjolan-benjolan tersebut akan pecah serta mengeluarkan cairan seperti nanah.

    Sebagai langkah antisipasi bilaterdapat benjolan pada bagian tubuh seperti leher, ketiak serta sela paha segera periksakan diri ke dokter.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Tuberkulosis ?
Ask Doctor
Cegah ISPA dengan menghentikan penyebaranny, pemberian vaksin, dan berhenti merokok. 4 Cara Cegah ISPA ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus ISPA, Penyakit Apa?