Profile
Kanker Serviks

bagaimana cara mengetahui gejala kanker serviks atau rahim pada diri sendiri

bagaimana cara mengetahui gejala kanker serviks atau rahim pada diri sendiri
Balikpapan

selamat sore dokter...? saya seorang ibu beranak 3, umur saya sekarang 29 th, waktu saya menikah umur 19 th, anak saya semua laki2 yg pertama 8 th 3bln (2003), kedua 7 th (2005), ketiga 4th (2008). yang mau saya tanyakan saya sering kali merasakan kram perut terkadang d'sertai keputihan serta sakit pada pinggul sampai ke perut, sakit ini saya rasakan pada awal Thn 2011 dan tgl 27-11- 2011 saya berhenti suntik KB (sebelumnya saya mamakai KB suntik 1 bln). dan 1bln yang lalu setelah berhenti haid 1 minggu tiba2 muncul flek berwarna coklat kehitam-hitaman sampai 3 hari. apakah ini bisa disebut gejala kanker serviks atau kanker rahim dokter...??? mohon jawabanya Dokter ??? sebelumnya saya belum pernah periksa atau pap smear karena takut....TERIMAKASIH''

Answers

5 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Selamat sore, Ibu.

    Pada fase awal kanker rahim, biasanya tidak ada gejala-gejala atau keluhan. Sementara, dari cerita Ibu, keluhan yang Ibu alami tidaklah khas. Dapat dipengaruhi juga oleh pemakaian kontrasepsi yang Ibu pakai. Faktor psikis pun dapat berpengaruh.

    Sementara, pada fase lanjut, gejala-gejalanya dapat berupa:
    - rasa nyeri pada pinggul yang menetap; tidak dipengaruhi oleh kelelahan fisik, menstruasi.
    - rasa nyeri pada saat berhubungan intim.
    - keluarnya darah dari vagina: gejala paling umum; keluar darah setelah berhubungan intim, keluar darah setelah siklus menstruasi usai.
    - keluar cairan dari vagina

    Namun, tidak berarti apabila Ibu mengalami gejala-gejala diatas lantas Ibu menderita kanker serviks. Sarana diagnostiknya adalah Pap Smear.

    Hilangkan rasa takut Anda; jalani pemeriksaan Pap Smear, karena pencegahan tentunya jauh lebih baik dari mengobati.

    Segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan Anda untuk keluhan-keluhan yang Ibu alami ini.

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Berikut merupakan artikel yang dapat Ibu baca:

    http:// a href="http://meetdoctor.com/topic/kanker-serviks" target="_blank">meetdoctor.com/topic/kanker-serviks a>

    Pap Smear:

    http:// a href="http://meetdoctor.com/article/pap-smear" target="_blank">meetdoctor.com/article/pap-smear a>

    Semoga dapat membantu!

  • saya pernah melakukan hubungan seks dengan pacar saya, dan tahun depan saya akan menikah dengan dia, yg saya tanyakan apa saya perlu melakukan tes pap smear untuk mengetahui sehat tidaknya rahim saya ? terima kasih,

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat malam,

    Pap smear adalah sebuah langkah pengujian medis untuk mendeteksi ada tidaknya gangguan pada leher rahim, biasa berkaitan perihal kanker serviks pada wanita. Pap smear memberikan Anda kesempatan untuk melakukan deteksi dini dan mengambil langkah yang dibutuhkan sebelum terlampau parah. Pap Smear merupakan suatu metode pemeriksaan sel-sel yang diambil dari leher rahim dan kemudian diperiksa di bawah mikroskop. Pap Smear merupakan tes yang aman dan murah dan telah dipakai bertahun-tahun lamanya untukmendeteksi kelainan-kelainan yang terjadi pada sel-sel leher rahim

    Manfaat Pap Smear secara rinci dapat dijabarkan sebagai berikut

    a. Diagnosis dini keganasan Pap Smear berguna dalam mendeteksi dini kanker serviks, kanker korpus endometrium, keganasan tuba fallopi, dan mungkin keganasan ovarium.
    b. Perawatan ikutan dari keganasan Pap Smear berguna sebagai perawatan ikutan setelah operasi dan setelah mendapat kemoterapi dan radiasai.
    c. Interpretasi hormonal wanita Pap Smear bertujuan untuk mengikuti siklus menstruasi dengan ovulasi atau tanpa ovulasi, menentukan maturitas kehamilan, dan menentukan kemungkinan keguguran pada hamil muda.
    d. Menentukan proses peradangan Pap Smear berguna untuk menentukan proses peradangan pada berbagai infeksi bakteri dan jamur.

    Berikut ini adalah saran para ahli tentang kapan tepatnya harus melakukan tes pap smear:

    Telah Menikah

    Pap smear hanya boleh dilakukan pada wanita yang sudah menikah. Atau bisa juga dilakukan pada wanita yang telah aktif secara seksual. Pap smear tidak boleh dilakukan pada gadis yang masih perawan, dikarenakan pada prosedur pemeriksaannya, pap smear memasukkan alat pemeriksaan ke rongga vagina.


    Di Atas 30 Tahun

    Para dokter meyakini pada usia di atas 30 perempuan justru lebih beresiko terkena kanker serviks, jadi perlu dilakukan tes pap smear secara teratur. Biasanya dokter akan menganjurkan pemeriksaan dilakukan minimal setahun sekali.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Serviks ?
Ask Doctor
Oktober merupakan hari penyadaran kanker payudara internasional. Ada mitos dan fakta tentang kanker yang harus Anda ketahui. Mitos dan Fakta Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui Pengobatan ISPA dengan gejala ringan bisa dilakukan sendiri di rumah. Perawatan yang Tepat untuk ISPA