Profile
Kesehatan Pria

Bagaimana cara mengatasi pusing yang berkepanjangan??

Bagaimana cara mengatasi pusing yang berkepanjangan??
Pekanbaru

Dok ,begini saya mempunyai masalah pada kepala , dmana kepala saya sudah pusing selama 2 minggu , rasanya seperti digigit dari dalam.Sudah berobat ke dokter dikasih Aspirin dan vit . tp gak kunjung sembuh mohon sarannya dok, Thx b4 ;)

Answers

5 answers

  • selamat siang Sdr. Junius..

    yang Sdr. Junius alami ini berarti sakit kepala, betul? terasa di sebelah mana nyerinya? terasa berdenyut2 atau terasa berat atau seperti terikat?

    pada umumnya nyeri kepala ini dapat disebabkan oleh kecapekan, istirahat/tidur yang kurang, jadwal makan yang tidak teratur, stress psikologis/beban pikiran, perasaan cemas atau tegang..

    untuk pengobatannya dapat diberikan obat pereda nyeri.. aspirin adalah salah satunya.. namun apabila tidak teratasi dapat berkonsultasi dengan dokter anda, bahwa sakit kepala anda tidak reda dengan meminum aspirin.. diskusikan apakah perlu obat tambahan..



  • Setuju dengan dr.Ricky

    Yang perlu diperhatikan adalah, bagaimana sifat dari "pusing" yang dimaksudkan,karena terdapat perbedaan antara "pusing" dengan "nyeri kepala". Apakah merasa pusing disertai berputar atau lingkungan terasa berputar, ataukah nyeri kepala berdenyut / seperti ditusuk2 benda tajam/atau seperti terikat, apakah disertai dengan ketegangan pada otot2 area kepala dan leher, pada area kepala bagian mana (apakah satu sisi atau keduanya), apakah disertai dengan gejala lain (misal: mual,muntah,dll).

    Jika anda merasakan pusing seperti berputar, kemungkinan diagnosis nya ke arah vertigo, yang dimungkinkan karena adanya kelainan/gangguan pada organ telinga anda ataupun adanya gangguan pada saraf pusat yg mengatur keseimbangan anda.

    Untuk memastikannya, sebaiknya dilakukan pemeriksaan langsung kembali oleh dokter supaya terapi yg diberikan untuk anda dapat lebih adekuat.

  • Makasiih dok atas jawaban dan saran. Saya sangat menghargai itu.Sebenarnya sakit kepala atau nyeri di kepala ini terasa di bagian belakang kepala. Terasa berat , dan menganggu konsentrasi . Sperti nya gak pusing biasa dok , .Atau ada kemungkinan tumor otak atau kanker otak. ??

  • gejala tumor otak atau kanker otak ini biasanya bukan hanya sakit kepala saja.. harus disertai gejala lain, seperti :
    - mual muntah
    - perubahan kepribadian
    - adanya gangguan penglihatan dan pendengaran
    - kejang pada seluruh badan atau salah satu bagian tubuh

    dan untuk mendiagnosis tumor otak harus dilengkapi dengan pemeriksaan scanning kepala dengan MRI atau CT Scan..

    apabila Sdr. Junius menganggap sakit kepala ini sanggat mengganggu aktivitas maka saya sarankan anda berkonsultasi ke dokter Spesialis Saraf..

    Semoga membantu!

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    Nyeri kepala merupakan rasa nyeri daerah kepala dengan batas bawah dari dagu sampai ke daerah belakang kepala.

    Nyeri kepala diklasifikasikan oleh International Headache Society, menjadi nyeri kepala primer dan sekunder. Yang termasuk ke dalam nyeri kepala primer antara lain adalah:

    Sakit kepala tipe tegang (TTH - Tension Type Headache)
    Nyeri kepala seperti tali diikat di kepala dan leher, muncul di kedua sisi kepala, biasanya timbul karena stess, kecemasan, kelelahan dan marah

    Migraine
    Nyeri kepala berdenyut di satu sisi kepala (unilateral) atau bisa juga bilateral ( kedua sisi kepala), kadang disertai nyeri perut, mual atau muntah, Migraine dapat bertahan 4- 72 jam

    Sakit kepala kepala cluster.
    Nyeri kepala seperti rasa terbakar. Serangan sakt kepaa biasanya belangsung singkat yaitu 30- 120 menit. Seangan sakit kepala pada salah satu sisi kepala atau leher. Periode sakit kepala berlangsung bebeerapa minggu bahkan bulan.

    Nyeri kepala primer merupakan 90% dari semua keluhan nyeri kepala. Nyeri kepala juga dapat terjadi sekunder, yaitu sakit kepala bukan merupakan penyakit murni, tapi gejala dari penyakit lain atau kecelakaan pada kepala. Beberapa contoh sakit kepala sekunder biasanya dikarenakan tumor, tekanan darah tinggi, infeksi dll.

    tension type headacge atau Sakit kepala tegang adalah jenis sakit kepala yang paling umum terjadi dan sering dianggap sebagai sakit kepala biasa. Penderita biasanya merasakan nyeri secara terus-menerus pada kedua sisi kepala dan mungkin disertai gejala seperti:

    Terasa tekanan di belakang mata.
    Otot leher yang tegang.

    Terdapat beberapa hal yang diduga bisa meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami sakit kepala tegang.

    Faktor-faktor pemicu tersebut meliputi:
    Stres. Ini merupakan pemicu umum di balik sakit kepala tegang.
    Jenis kelamin. Wanita lebih sering mengalami sakit kepala tegang.
    Usia. Orang yang berusia 40 tahun ke atas memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk mengalami sakit kepala tegang.
    Dehidrasi.
    Kelaparan.
    Kurang istirahat atau kelelahan.
    Sinar matahari yang terik.
    Suara berisik.
    Aroma tertentu.
    Postur tubuh yang buruk.
    Kurang aktif atau tidak banyak berolahraga.
    Kelebihan obat, umumnya dialami oleh orang yang meminum obat pereda rasa sakit (analgesik) dalam waktu yang lama (10 hari atau lebih).

    Obat painkiller perawatan pertama yang direkomendasikan untuk mengatasi tension headache. Beberapa obat penghilang rasa sakit tersebut juga dapat digunakan untuk mencegah sakit kepala pada orang dengan tension headache kronis.

    Jika obat painkiller umum tidak membantu, maka dokter anda dapat merekomendasikan obat painkiller dengan resep dokter atau relaksan otot.

    Perawatan pencegahan umumnya dilakukan dengan meresepkan obat seperti antidepresan, obat tekanan darah, dan obat anti-kejang. Obat-obat tersebut dikonsumsi setiap hari meskipun Anda sedang tidak mengalami sakit kepala, supaya saat Anda benar mengalami tension headache, tidak diperlukan dosis tinggi. Tujuannya, seiring waktu berjalan, dosis yang diberikan akan semakin berkurang.

    Namun perlu diingat bahwa obat-obatan tidak menyembuhkan sakit kepala dan seiring waktu, perada rasa nyeri dan obat lainnya mungkin akan kehilangan efektivitasnya. Selain itu, semua obat memiliki efek samping. Jika Anda minum obat secara teratur, termasuk obat yang dapat dibeli bebas, sebaiknya diskusikan risiko dan manfaat obat dengan dokter Anda. Penting juga diingat bahwa obat pereda nyeri bukan pengganti untuk mengenali dan mengatasi pemicu stres yang dapat menyebabkan sakit kepala Anda.

    Tension headache paling baik ditangani ketika gejala pertama dimulai dan masih ringan, sebelum akhirnya menjadi lebih sering dan menyakitkan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Pria ?
Ask Doctor
Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan