Profile
Sembelit (Constipation)

Bagaimana agar berat badan cepat naik?

Bagaimana agar berat badan cepat naik?

Selamat siang Dok :) Saya sekarang berjalan 19tahun. Tapi kenapa ya dok saya kurus sekali? Berat badan saya hanya 38kg. Saya sudah minum susu berupa full cream tapi malah selalu ingin buang air(mencret) seteah minum susu itu. Makan saya emang tidak teratur Dok. Olahraga pun hanya 2minggu sekali. Saya harus bagaimana dok? Minta solusinya agar cepat bisa naik berat badannya. Terima kasih

Answers

6 answers

  • Saya kurang nafsu makannya Dok, kenapa ya?

  • Dear Gita,
    bila anda alergi terhadap susu full cream, dapat juga mengkonsumsi susu lainnya seperti susu kedelai atau produk susu murni sebagai tambahan asupan protein, dan berat badan juga dipengaruhi oleh pola makan anda sebaiknya konsumsilah makanan tinggi protein dan juga atur jadwalnya agar teratur serta jangan lewatkan sarapan. Waktu makan dapat dibagi menjadi 3x makan besar dan 2x snack. Untuk olahraga ada baiknya dilakukan lebih rutin dan terarah agar otot yang terbentuk bukan hanya timbunan lemak yang mempengaruhi penambahan berat badan.
    sebagai tambahan info dapat dibaca artikel berikut http://meetdoctor.com/article/fitness-dan-berat-badan

    semoga membantu

  • Untuk membantu meningkatkan nafsu makan dapat dibantu dengan mengkonsumsi curcuma atau temulawak

  • Baik Dok, Terimakasih sebelumnya. Dokter bilang kalau saya harus makan snack juga ya. Snack berupa apa dok? Apakah cemilan?
    Saya sudah beli curcuma berupa tablet. Berapa kali sehrai dimakannya dok supaya hasilnya memuaskan? Terima kasih

  • Curcuma dapat dikonsumsi 1-2x sehari, untuk snack sebaiknya yang berprotein tinggi, dan cukup mengandung vitamin seperti biskuit, buah-buahan, dll.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    Selamat sore,

    Peningkatan berat badan umumnya tidak hanya bergantung pada kecukupan asupan kalori secara kuantitas. Jenis nutrisi yang diasup, kecukupan cairan, olahraga, serta tingkat aktivitas juga dapat mempengaruhi keberhasilan pencapaian peningkatan berat badan Anda.

    Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba untuk meningkatkan keberhasilan peningkatan berat badan:
    1. Makan lebih sering
    Cara menambah berat badan yang paling umum adalah makan lebih sering. Meski demikian, hal ini juga tak bisa dilakukan sembarangan. Misalnya, menambah porsi makan daripada biasanya. Pasalnya, cara menambah berat badan yang efektif adalah makan lebih sering tapi dengan porsi yang kecil. Artinya, makan dalam porsi kecil sebanyak 5 - 6 kali akan lebih efektif dibandingkan makan dalam porsi besar sebanyak 2 - 3 kali.

    2. Makanan yang tepat
    Ingin menambah berat badan, bukan berarti Anda boleh makan apa saja. Para ahli diet menyarankan agar Anda memakan makanan yang mengandung protein tanpa lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
    Beberapa contoh makanan yang bisa menambah berat badan adalah susu yang memiliki kandungan protein sebanyak 8 - 9 gram serta mengandung lemak yang dapat menambah berat badan Anda. Lalu, konsumsi telur yang mengandung protein serta lemak jenuh dan lemak tidak jenuh yang baik untuk tubuh. Anda juga bisa memasukkan roti gandum ke dalam daftar makanan diet menambah berat badan.
    Terakhir, tentu saja selalu masukkan sayuran dan buah-buahan ke dalam menu makanan Anda supaya metabolisme tubuh makin lancar.

    3. Pilihan minuman
    Minuman juga berpengaruh saat Anda ingin menambah berat badan. Oleh karena itu, salah satu cara menambah berat badan adalah minum setelah Anda selesai makan agar Anda tidak kembung atau begah yang bisa menyebabkan tidak nafsu makan.
    Anda pun sebaiknya menghindari minuman seperti soda, kopi, dan minuman sejenis dengan jumlah kalori yang sedikit dan memiliki nutrisi terbatas. Berat badan akan bertambah bila Anda meminum smoothies dari buah-buahan dan susu.

    4. Olahraga
    Melakukan olahraga tidak hanya dapat menurunkan berat badan Anda. Olahraga, terutama latihan kekuatan (power exercise) dan latihan beban (weight lifting exercise) adalah cara menambah berat badan dengan membangun otot-otot Anda. Tak hanya itu, olahraga juga dapat menambah nafsu makan Anda.

    Untuk informasi lebih lengkap, dapat Anda simak pada link berikut
    http://meetdoctor.com/article/menambah-berat-badan-bagaimana-caranya
    http://meetdoctor.com/article/5-cara-menambah-berat-badan
    http://meetdoctor.com/article/fitness-dan-berat-badan
    http://meetdoctor.com/article/pengaruh-berat-badan-dan-hormon

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

Anda punya pertanyaan seputar Sembelit (Constipation) ?
Ask Doctor
Gondongan atau mumps atau parotits adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan peradangan dan pembengkakan kelenjar ludah. Gondongan Bisa Dicegah Dengan Imunisasi Gondongan atau mumps atau parotits adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan peradangan dan pembengkakan kelenjar ludah. Gondongan Bisa Dicegah Dengan Imunisasi