Profile
Kehamilan Ektopik

baaimana kiat untuk ibu hamil agar persalinannya normal?

baaimana kiat untuk ibu hamil agar persalinannya normal?
Bekasi

saya mau tanya dok, HPHT saya tanggal 3 mei 2013 kira-kira usia kehamilan saya berapa? trus kiat-kiatnya apabila ingin persalinan normal bagaimana dok? terimakasih

Answers

4 answers

  • Dear Ibu,

    Selamat atas kehamilannya. Jika HPHT 3 Mei 2013, maka perkiraan usia kehamilan Ibu sekarang adalah sekitar 5-6 minggu.
    Apakah sudah memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan?

    Walau jadwal persalinan ibu masih jauh, tapi beberapa faktor yang dapat mempengaruhi suatu persalinan bisa berlangsung normal atau harus melalui metode lain adalah tergantung dari hal: passenger (besar janin), passage (jalan lahir/struktur anatomi rongga panggul ibu dan lain2), power (kekuatan sang ibu nantinya pada saat persalinan).

    Diskusikan dengan dokter kandungan ibu nanti pada saat kehamilan ibu sudah memasuki trimester 3.

  • terimakasih dok ucapannya
    oh ya dok saya juga mau menanyakan apakah aman apabila setiap buang air kecil ada semacam keputihan di air seni saya
    selama ini sih saya tidak merasakan apa2
    mohon pencerahaannya dok menjelang kehamilan pertama ini
    terimakasih

  • Selamat malam Riva Susanto

    Keputihan saat hamil sebenarnya adalah hal yang normal. Peningkatan kadar estrogen dan meningkatkan aliran darah ke vagina membuat frekuensi dan kadar keputihan semakin meningkat di masa kehamilan. Cairan tambahan yang keluar dari leher rahim ini sebenarnya adalah sisa buangan dari rahim dan vagina, bakteri normal dari vagina, dan sel-sel mati dari dinding vagina.

    Selama keputihan yang keluar tidak berwarna, tidak berbau, tidak menyebabkan gatal atau perih anda tidak perlu khawatir. Namun bila keputihan yang keluar tidak normal sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk penanganan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    Keputihan adalah salah satu hal yang paling sering dialami di masa kehamilan. Terjadinya keputihan di masa kehamilan, karena adanya perubahan hormonal dan aliran darah di daerah rahim serta vagina, yang kemudian mengakibatkan adanya peningkatan sekresi vagina. Pada dasarnya, mengalami keputihan dalam jumlah lebih banyak selama kehamilan termasuk hal yang wajar. keputihan akan semakin banyak di masa kehamilan, karena meningkatnya kadar estrogen dan aliran darah menuju vagina.

    Jika, keputihan keluar dalam jumlah banyak pada usia kandungan yang belum mencapai 37 minggu, atau jika keputihan menjadi sangat encer, berbau hingga bercampur darah atau terasa sakit, gatal dan terbakar, segeralah menghubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan. Sedangkan, jika usia kehamilan sudah melampaui usia 37 minggu, keputihan perlu dicermati lebih teliti. Karena, tak jarang, kondisi yang diduga sebagai keputihan, justru air ketuban yang pecah.

    Kenali penyebab keputihan

    Keputihan adalah kondisi umum yang biasanya terjadi pada wanita. Tak jarang keputihan dianggap sebagai sesuatu yang sangat menakutkan bagi banyak wanita. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, keputihan juga membuat tak percaya diri, terutama bagi wanita yang telah menikah. keputihan adalah sekresi vaginal abnormal pada wanita. Keputihan ditandai keluarnya cairan berwarnah putih kekuningan atau putih berbau dari saluran vagina. Biasanya keputihan yang normal tidak disertai rasa gatal.

    adapun Keputihan masih tergolong normal bila :
    1. cair/encer
    2. Warna bening atau sedikit putih
    3. Jumlahnya sedikit
    4. Hampir tidak berbau
    5. Tidak menimbulkan rasa gatal atau nyeri.

    Untuk menjaga kesehatan vagina, selalu rawat kebersihan daerah vagina dengan mengeringkan vagina dari arah depan ke belakang. Kenakan juga celana dalam katun yang tidak ketat. Hindari pemakaian celana dalam berbahan nilon, mandi dengan air berbusa, dan panty liner dengan pewangi buatan. Intinya, bahan apa saja yang bersinggungan dengan vagina, tidak boleh memiliki tambahan bahan kimia buatan. Pewangi dalam bentuk semprotan maupun sabun untuk area genital pun, sebaiknya dihindari selama kehamilan.

    Penyebab keputihan bisa berasal dari kebiasaan sehari-hari. Misalnya, memakai tisu untuk mengeringkan vagina sesudah buang air kecil maupun buang air besar atau memakai pakaian dalam yang ketat dan terbuat dari bahan sintetis yang tidak menyerap keringat sekaligus membuat vagina lembap. Celana ketat juga bisa menjadi penyebab keputihan.

    keputihan dengan perubahan pada warna dan kekentalan lendir, jumlah lendir yang berlebihan, bau lendir yang tajam, pendarahan di luar jadwal haid, serta rasa gatal di sekitar vagina dan nyeri pada perut penyebabnya biasanya karena higiene yang jelek, pemakaian obat obat an dalam waktu lama, stress, dan infeksi

    Kondisi keputihan pada ibu hamil termasuk wajar terjadi, selama hal ini tidak dibarengi dengan perubahan warna maupun timbulnya bau tidak sedap dan rasa sakit atau gatal di sekitar vagina. Tapi, jika Anda mencurigai adanya infeksi, hindari mencoba mengobati diri sendiri dengan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran. Dalam kondisi hamil, Anda harus lebih berhati-hati dalam pemakaian obat-obatan yang dijual bebas. Sebaiknya, temui dokter untuk mengetahui diagnosa dari gejala yang dialami dan perawatan yang tepat.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

Anda punya pertanyaan seputar Kehamilan Ektopik ?
Ask Doctor
Jika Anda sedang menjalani program hamil dan melihat bercak darah kecokelatan di jadwal rutin menstruasi Anda, jangan buru-buru kecewa. Bercak Darah Seperti Haid, Pertanda Hamil? Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tapi juga di bokong. Menjaga kebersihan diri adalah salah satu cara mengatasinya. Cara Basmi Jerawat di Bokong