Profile
Alergi

Asma atau alergi?

Asma atau alergi?

Bagaimana membedakan sesak napas si kecil itu asma atau alergi?

Answers

3 answers

  • Selamat pagi,

    Penyebab dari gejala sesak nafas pada anak beragam. Salah satunya adalah Asma. Jika kita telusuri akan apa penyebab dari asma, maka dapat kita temukan bahwa alergi serta asma adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Anak-anak yang terkena asma biasanya dipicu oleh oleh reaksi alergi, namun tidak semua serangan asma diakibatkan karena alergi.

    Alergen adalah substansi-substansi tidak berbahaya di lingkungan, namun akan menimbulkan reaksi tidak normal pada tubuh pada orang yang memiliki alergi. Pada sebagian orang, menghirup substansi-substansi alergen seperti debu, jamur, serbuk sari, bulu binatang atau konsumsi makanan, obat-obatan dll dapat memicu datangnya gejala atau serangan asma.

    Gejala asma pada anak meliputi : kesulitan bernapas, mengi (bunyi saat bernapas), tarikan napas yang pendek dan cepat, retraksi atau dada bergerak naik turun ketika bernapas dan kadang saat beraktivitas anak tampak kurang bertenaga, mudah lemas. Biasanya asma diawali dengan batuk yang bersifat menetap/ tidak kunjung sembuh.

    Bila anak Anda mengalami sesak nafas, lakukanlah pemeriksaan kedokter untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan penanganan yang tepat.

    Sebagai tambahan informasi, silahkan buka link berikut : http://www.alergianak.com/

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • Kenapa ya dok sejak saya hamil asma saya kambuh hampir tiap hari..apakah berpengaruh buruk buat kehamilan saya dok..terima kasih

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat pagi,
    Jika seorang ibu hamil memiliki asma, asma tersebut harus terkontrol dengan baik, karena ibu hamil bernapas untuk bayi dan dirinya sendiri guna memenuhi kebutuhan oksigen yang sangat penting dalam pertumbuhan janin selama kehamilan. Asma harus terkontrol dengan baik agar tidak berpengaruh buruk pada kehamilan, persalinan ataupun menyusui. Karena Selama kehamilan sekitar 30% dari wanita hamil asmanya meningkat (lebih sering kambuh).

    Alangkah bijaknya anda membawanya ke pelayanan kesehatan terdekat.

Anda punya pertanyaan seputar Alergi ?
Ask Doctor
Kepala terasa berputar menjadi pertanda vertigo, lakukan langkah ini untuk mengatasinya Kepala Terasa Berputar? Waspada Penyakit Serius Depresi bisa dialami pria dan wanita, namun keluhan utamanya seringkali berbeda di antara keduanya. 12 Tanda Depresi pada Pria