Profile
Hamil

tanda ibu hamil, siklus menstruasi, informasi kehamilan

tanda ibu hamil, siklus menstruasi, informasi kehamilan
Surabaya

Dok, saya Mia Gini dok, saya telat datang bulan selama 1 minggu, tapi saya juga kurang pasti soal nya beberapa bulan sebelum bulan Sebtember saya selalu haid tanggal 29-an. Ketika jatuh pada bulan Sebtember siklus haid saya berubah menjadi tanggal 26, dan sekarang Pada bulan Oktober saya belum haid sampai tanggal 2 November ini, jadi saya kira-kira hitung 1 minggu. Badan saya rasanya mudah capek, sering keputihan,pusing dikepala, dan rasanya mual. Saya belum cek dengan menggunakan alat sek kehamilan. Apakah saya ini kemungkinan hamil?

Answers

6 answers

  • Selamat pagi,

    Ya, coba lakukan test pack terlebih dahulu.

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Sebaiknya ditest kehamilan aja bu biar pasti apakah hamil atau tidak

  • Mkasih dok, atas sarannya.

  • tapi bagaimana bagi orang yang sama sekali tidak merasakan capek, sering keputihan,pusing dikepala, dan mual ?

  • Selamat Pagi,
    Keputihan tidak hanya diakibatkan seseorang merasa capek saja. Keputihan atau dalam istilah medis disebut leukorea/fluor albus merupakan gejala keluarnya cairan dari vagina selain darah haid.Keputihan ada yang fisiologik (normal) dan ada yang patologik (tidak normal). Keputihan tidak merupakan penyakit melainkan salah satu tanda dan gejala dari suatu penyakit organ reproduksi wanita
    Keputihan fisiologis berwarna bening hingga keputih-putihan, lendir yang encer, tidak gatal, tidak berbau dan tidak terdapat rasa perih pada vagina. Keputihan ini dapat terjadi karena perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi.
    Sedangkan keputihan patologis biasanya dikarenakan keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat :
    - Infeksi jamur (candidiasis vaginalis)
    - Infeksi bakteri (vaginosis bakterialis)
    - Vaginitis (peradangan vagina)
    - Penyakit menular seksual (gonore, trikomoniasis, klamidia)
    - Penggunaan bahan/produk yang mengiritasi (pembalut, pantyliner, pelumas, kondom, sabun, losion, parfum)
    dan sebagainya
    Keputihan patologis ini memiliki ciri-ciri yaitu jumlahya banyak, warnanya seperti susu basi, cairannya mengandung berwarna kekuning-kuningan sampai hijau, disertai rasa gatal, pedih, terkadang berbau amis dan berbau busuk. Untuk pengobatannya harus diketahui terlebih dahulu apakah penyebab dari keputihan ini dikarenakan infeksi jamur/bakteri/ parasit. Dengan mengetahui penyebabnya maka dapat diberikan pengobatan secara tepat. Sebaiknya Anda segera ke dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

    Berikut ini beberapa cara untuk mencegah keputihan, yaitu
    - Menjaga daerah genital agar tetap bersih dan higienis
    - Hindari mandi / berendam pada kolam umum
    - Menggunakan celana dalam dari bahan katun, tidak menggunakan celana dalam yang ketat
    - Mengurangi stress
    - HIndari pemakaian produk pencuci organ intim secara berlebihan

    Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di :
    http://meetdoctor.com/mobile/article/hindari-penyebab-keputihan

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    Keputihan adalah kondisi umum yang biasanya terjadi pada wanita. Tak jarang keputihan dianggap sebagai sesuatu yang sangat menakutkan bagi banyak wanita. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, keputihan juga membuat tak percaya diri, terutama bagi wanita yang telah menikah. keputihan adalah sekresi vaginal abnormal pada wanita. Keputihan ditandai keluarnya cairan berwarnah putih kekuningan atau putih berbau dari saluran vagina. Biasanya keputihan yang normal tidak disertai rasa gatal.

    adapun Keputihan masih tergolong normal bila :
    1. cair/encer
    2. Warna bening atau sedikit putih
    3. Jumlahnya sedikit
    4. Hampir tidak berbau
    5. Tidak menimbulkan rasa gatal atau nyeri.
    keputihan dengan perubahan pada warna dan kekentalan lendir, jumlah lendir yang berlebihan, bau lendir yang tajam, pendarahan di luar jadwal haid, serta rasa gatal di sekitar vagina dan nyeri pada perut penyebabnya biasanya karena higiene yang jelek, pemakaian obat obat an dalam waktu lama, stress, dan infeksi

    Penyebab dari keputihan dapat diantaranya :

    * Infeksi jamur ( Kandidosis vulvovaginalis), Keputihan berwarna putih kekuningan berupa gumpalan-gumpalan seperti kepala susu. Terasa sangat gatal, panas dan menyebabkan nyeri setelah berkemih dan nyeri saat berhubungan seksual.

    * Infeksi bakteri (Bakterial vaginosis), Keputihan berwarna keabu-abuan, bentuknya agak encer, berbau amis dan jarang berbusa, gatal dan rasa terbakar pada kemaluan.

    *Infeksi parasit (Trikomoniasis), Keputihan berwarna kuning kehijauan, bentuknya kental, berbau tidak enak dan berbusa, nyeri saat behubungan, perdarahan saat berhubungan, perdarahan diluar siklus menstruasi.

    * Vaginitis karena Alergi/Iritasi Bahan Kimia (krim, cairan, bahan semprot, wewangian), Keputihan akan menjadi lebih banyak, berwarna kuning keputihan, dapat encer atau kental. Keluhan yang dapat menyertai adalah rasa gatal, terbakar, nyeri dan kemerahan pada daerah kemaluan.

    * Petanda kanker, Keputihan berwarna kecoklatan, terdapat bercak darah dan berbau busuk. Keputihan dapat berlangsung dalam waktu lama, tidak respon terhadap pengobatan apapun dan dapat disertai rasa nyeri saat berhubungan seksual.

    Penyebab keputihan bisa berasal dari kebiasaan sehari-hari. Misalnya, memakai tisu untuk mengeringkan vagina sesudah buang air kecil maupun buang air besar atau memakai pakaian dalam yang ketat dan terbuat dari bahan sintetis yang tidak menyerap keringat sekaligus membuat vagina lembap. Celana ketat juga bisa menjadi penyebab keputihan.

    Iritasi saat berhubungan seksual, penggunaan tampon, dan alat kontrasepsi juga bisa menjadi penyebab keputihan. Oleh karena itu, selalu jaga organ intim Anda dan menjalani kehidupan seksual yang sehat serta setia untuk mencegah keputihan juga penyakit menular seksual lainnya.

    Penyebab keputihan yang lainnya adalah malas mengganti pembalut. Oleh karena itu, saat menstruasi, Anda harus mengganti pembalut setiap 4 – 8 jam sekali. Demikian juga dengan pantyliner.

    Cara membilas vagina usai buang air kecil pun bisa menjadi penyebab keputihan. Anda harus membilas vagina dari vagina mengarah ke anus. Lalu, pastikan air yang dipakai bersih supaya tidak menyebabkan keputihan. Bicara soal membasuh vagina, hindari pemakaian cairan pembersih vagina sebab kandungan desinfektannya bisa mematikan bakteri normal yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan vagina.

    untuk informasi tambahan silahkan membaca artikel berikut :
    http://meetdoctor.com/article/keputihan-lakukan-perawatan-ala-rumahan-ini
    http://meetdoctor.com/article/hindari-penyebab-keputihan
    http://meetdoctor.com/article/keputihan-cek-normal-atau-tidak-di-sini

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tapi juga di bokong. Menjaga kebersihan diri adalah salah satu cara mengatasinya. Cara Basmi Jerawat di Bokong Gondongan atau mumps atau parotits adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan peradangan dan pembengkakan kelenjar ludah. Gondongan Bisa Dicegah Dengan Imunisasi