Profile
Infeksi Ginjal

apakah penyebab sakit pinggang sebelah kanan?

apakah penyebab sakit pinggang sebelah kanan?
Tangerang

Dear Dokter, saya mengalami nyeri dan rasa tidak nyaman di pinggan dan perut kanan saya..rasanya panas dan nyeri. saya kira saya usus buntu, tetapi setelah dilakukan pemeriksaan seperti angkat kaki dan perut kanan saya ditekan..tidak ada tanda2 usus buntu.lalu dokter coba menekan pinggang kanan belakang saya dan itu terasa sakit. lalu dilakukan cek darah dan ditemukan sel darah putih yang tidak normal, dan diagnosa infeksi saluran kemih. obat sudah diberikan, tetapi sampai sekarang rasa nyeri itu ada..tapi kadang hilang kadang timbul... saya kenapa ya dok?saya pernah mendengar tentang radang panggul juga infeksi tuba falopi..apakah saya terkena penyakit itu?itu apa ya dok?saya takut...mengingat siklus menstruasi saya juga tidak teratur. terima kasih sebelumnya hesti/tangerang

Answers

4 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Apakah dilakukan pemeriksaan urine? Ada baiknya juga dilakukan pemeriksaan USG untuk kondisi yang Anda alami agar lebih menunjang diagnosis. Untuk saat ini, belum dapat ditentukan apa yang Anda alami. Karenanya, baiknya segera ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan tersebut.

  • saya sudah periksa urine dan didiagnosa ISK dok, dan usg juga tidak ada kelainan apa-apa. hanya saja kenapa masih terasa nyeri dan tidak nyaman setelah diberikan obat. baik dok, saya akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut. terima kasih

  • Selamat siang,

    Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi yang mengenai sistem saluran kemih, seperti ginjal, kandung kemih, serta uretra.

    Secara umum infeksi saluran kemih dibagi menjadi dua, yaitu infeksi saluran kemih bagian atas dan infeksi saluran kemih bagian bawah:
    1. Infeksi saluran kemih bagian atas, pada umumnya menyerang dan menimbulkan infeksi padaorgan ginjal.
    2. Infeksi saluran kemih bagian bawah, pada umumnya menyerang pada bagian kandung kemih dan uretra.

    Gejala yang ditimbulkan pada ISK bagian bawah antara lain:
    - Rasa panas atau nyeri saat kencing
    - Terasa ingin kencing terus tapi keluarnya hanya sedikit-sedikit (anyang-anyangan)
    - Air kencing (urin) berdarah
    - Urin keruh
    - Urin bau menyengat
    - Nyeri di bawah pusar

    Sedangkan, gejala ISK bagian atas meliputi:
    - Rasa sakit dan nyeri di punggung atas dan samping
    - Demam
    - Menggigil
    - Mual dan atau Muntah

    Lakukanlah pemeriksaan ke dokter bila mengalami gejala infeksi saluran kemih. Dokter biasanya akan memberikan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab serta analgetik untuk menghilangkan rasa sakit.

    Berikut tips untuk mencegah Infeksi saluran kencing :
    - Minum air yang banyak. Lebih sering buang air kecil akan membantu saluran kencing menjadi lebih sehat. Bakteri di saluran kencing dan sekitarnya akan terbuang bersama dengan urine.
    - Bersihkan vagina dari depan ke belakang, untuk mencegah masuknya bakteri ke vagina. Jangan remehkan kebersihan alat kelamin.
    - Hindari kebiasaan menahan kencing.
    - Hindari penggunaan sabun pembersih khusus vagina, karena dapat membuat uretra dan vagina iritasi.

    Berikut terdapat artikel terkait :
    http://meetdoctor.com/article/infeksi-saluran-kemih

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga membantu.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi,

    Infeksi saluran kencing adalah infeksi pada sistem urinal. Sistem urinal terdiri dari ginjal, kandung kemih, ureter, dan uretra.
    Perempuan memiliki risiko yang lebih besar untuk terkena penyakit ini dibandingkan laki-laki. Infeksi saluran kencing yang terjadi di kandung kemih akan sangat menyakitkan dan mengganggu. Tapi, jika infeksi terus merambat hingga ke ginjal, dampaknya akan berbahaya.

    Gejala umumnya meliputi :
    -Keinginan untuk segera buang air kecil.
    -Sensasi terbakar ketika buang air kecil.
    -Urine yang dikeluarkan sedikit namun sering.
    -Urine berwarna agak pucat.
    -Urine berwarna pink cerah atau cokelat seperti minuman kola bersoda. Ini artinya urine mengandung darah.
    -Urine berbau menyengat.
    -Nyeri panggul pada perempuan. Nyeri dubur pada laki-laki.

    Infeksi saluran kencing paling sering terjadi pada perempuan idbandingkan lelaki.

    Infeksi saluran kencing dapat diatasi dengan antibiotik. Jenis dan berapa lama perawatannya dilakukan akan bergantung pada kondisi kesehatan dan tipe bakteri yang menginfeksi.Dokter juga mungkin akan meresepkan obat pereda nyeri (analgesik) untuk membuat uretra dan kandung kemih kebal. Tujuannya agar pasien tidak merasakan sensasi terbakar lagi ketika buang air kecil. Tapi, obat ini dapat membuat urine berwarna oranye atau merah.

    Minum air yang banyak. Lebih sering buang air kecil akan membantu saluran kencing menjadi lebih sehat. Bakteri di saluran kencing dan sekitarnya akan terbuang bersama dengan urine.

    Segera buang air kecil setelah berhubungan seksual, dan minum segelas air untuk membantu mengeluarkan bakteri.

    Pemeriksaan urinalisis dilakukan untuk menentukan dua parameter penting ISK yaitu leukosit dan bakteri. Pemeriksaan rutin lainnya seperti deskripsi warna, berat jenis dan pH, konsentrasi glukosa, protein, keton, darah dan bilirubin tetap dilakukan.

    untuk lebih lengkapnya silahkan membaca artikel berikut
    http://meetdoctor.com/topic/infeksi-saluran-kencing
    http://meetdoctor.com/article/infeksi-sistem-urin-

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Infeksi Ginjal ?
Ask Doctor

Popular Article

Oktober merupakan hari penyadaran kanker payudara internasional. Ada mitos dan fakta tentang kanker yang harus Anda ketahui. Mitos dan Fakta Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus ISPA, Penyakit Apa?