Profile
Kesehatan Seksual

apakah penyakit kencing nanah saya sudah sembuh?

apakah penyakit kencing nanah saya sudah sembuh?
Indonesia

Salam kenal dok, dok apakah penyakit gonore saya sudah sembuh, di ujung/kepala uretra masih besar/bengkak tapi nanah tidak keluar, dan kencing sudah tidak perih? Terimakashi banyak atas jawabannya.

Answers

4 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Baik Anda kontrol ulang karena mungkin keluhan sudah hilang, tetapi penyebab infeksi tersebut masih ada.

  • apakah saya harus ke dokter atau ke lab?
    terimakasih banyak dok..

  • Selamat pagi,

    Silahkan melakukan pemeriksaan kedokter terlebih dahulu, bila diperlukan akan diberikan pengantar untuk pemeriksaan penunjang seperti laboratorium.

    Kencing nanah atau gonore adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae yang dapat menginfeksi lapisan dalam uretra (saluran kemih), leher rahim, rektum, tenggorokan, dan bagian putih mata (konjungtiva).

    Gonore bisa menyebar melalui aliran darah ke bagian tubuh lainnya, terutama kulit dan persendian. Pada wanita, gonore bisa menjalar ke saluran kelamin dan menginfeksi selaput di dalam pinggul sehingga timbul nyeri pinggul dan gangguan reproduksi.

    Pada pria, gejala awal gonore biasanya timbul dalam waktu 2-7 hari setelah terinfeksi. Gejalanya berawal sebagai rasa tidak enak pada uretra dan beberapa jam kemudian diikuti oleh nyeri ketika berkemih (kencing) serta keluarnya nanah dari penis. Sedangkan pada wanita, gejala awal biasanya timbul dalam waktu 7-21 hari setelah terinfeksi.

    Jika timbul gejala, biasanya bersifat ringan. Tetapi beberapa penderita menunjukkan gejala yang berat, seperti desakan untuk berkemih , nyeri ketika berkemih, keluarnya cairan dari vagina, dan demam. Infeksi dapat menyerang leher rahim, rahim, saluran telur, indung telur, uretra, dan rektum serta menyebabkan nyeri pinggul yang dalam ketika berhubungan seksual.

    Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala gonore atau penyakit menular seksual lainnya untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    gonore merupakan Penyakit menular melalui kontak seksual. Pada pria, Gonore biasanya menginfeksi uretra dan pada wanita biasanya menginfeksi uretra atau leher rahim atau keduanya. Infeksi dapat menyebar ke usus besar, tenggorokan, anus, dan organ pada panggul. Pada kasus yang jarang, penyakit ini juga dapat menginfeksi mata.

    Jika Gonore tidak segera ditangani dapat menyebabkan masalah serius. Pada wanita, jika Gonore dibiarkan dapat menjalar hingga uterus, tuba fallopi, dan indung telur. Hal ini dapat menyebabkan luka dan Penyakit Radang Panggul yang dapat mengarah pada kemandulan dan kehamilan ektopi (kehamilan di luar kandungan).

    Penyakit ini ditularkan dari satu orang ke orang lain dengan hubungan seksual melalui vagina, oral, atau pun anal. Ibu hamil yang terkena penyakit ini dapat menularkan penyakitnya pada bayi yang dilahirkannya. Bayi yang dilahirkan oleh ibu pengidap gonore beresiko terinfeksi pada membrane mukosa mata. Jika tidak ditangani segera dapat menyebabkan kebutaan.

    Langkah awal pengobatan, dengan memberikan antibiotik.

    Pencegahan dari penularan penyakit kelamin ini dapat dilakukan dengan cara:

    -Tidak berganti-ganti pasangan seksual
    -Menggunakan kondom saat berhubungan seksual
    -Berkomunikasi dengan pasangan mengenai penyakit seksual menular dan pastikan pasangan tidak beresiko mengidap gonore
    -Jika menggunakan toilet umum sebaiknya hindari duduk pada toilet

    Disini ada artikel yang bisa menambah informasi terkait pertanyaan anda:
    http://meetdoctor.com/article/waspadai-penyakit-kelamin-gonore
    http://meetdoctor.com/article/waspada-inilah-penyakit-kelamin-pria

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Seksual ?
Ask Doctor
Oktober merupakan hari penyadaran kanker payudara internasional. Ada mitos dan fakta tentang kanker yang harus Anda ketahui. Mitos dan Fakta Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui Kehamilan momen yang rentan bagi wanita, karena itu ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat Antibiotik pada Kehamilan