Profile
Menstruasi

Apakah menstruasi lebih dari seminggu normal dok

Apakah menstruasi lebih dari seminggu normal dok

Dok saya mau tanya ,saya berumur 32,saya baru merasakan menstruasi sakit banget dok sampe ga ketahan sakitnya ,,rasa sakit di perut ,,hingga untuk berjalan aja sampai sakit, dan menstruasi saya udah seminggu,,sampe aku pergi ke bidan dan di kasih obat pehilang nyeri,,tpi ko masih sakit ya dok,dan warna mens saya berwarna lebih terang dari biassnya,apakah ini berbahaya ya dok

Answers

1 answers

  • Selamat malam ririn kris

    Nyeri pada saat menstruasi dikenal di dunia medis dengan istilah dysmenorrhea. Dysmenorrhea dapat disebabkan oleh berbagai sebab, secara garis besar dapat dibagi menjadi penyebab primer akibat kontraksi normal dari dinding rahim. Pada saat menstruasi, dinding rahim secara normal akan berkontraksi untuk meluruhkan lapisan rahim, selain itu ada penyebab sekunder akibat adanya suatu masalah pada organ- organ reproduksi wanita misal endometriosis, radang panggul, fibroid rahim. Langkah yang anda dapat tempuh untuk mengurangi nyeri perut adalah:
    -Kompres hangat pada daerah perut yang nyeri atau mandi dan berendam dengan air hangat
    -Minum minuman hangat
    -Konsumsi vitamin, seperti vitamin B6 dan kalsium
    -Jika nyeri sudah tidak tertahankan dapat konsumsi obat-obatan antinyeri yang dijual bebas misal parasetamol, ibuprofen, asam mefenamat atau metampiron.

    Haid secara rata-rata normalnya berlangsung 3-7 hari dengan volume 20-80 cc per harinya. Apabila masih 1 minggu maka itu masih wajar, karena bisa saja akibat pengaruh hormon jadi lama menstruasinya. Darah menstruasi memang warnanya beragam mulai dari merah terang hingga merah gelap atau coklat kehitaman, itu tergantung darah menstruasi yang mana dikeluarkan, bila darah yang agak lama yang keluar maka kemungkinan akan menggumpal dan warna agak gelap, bila darah yang baru langsung dikeluarkan maka bisa berwarna merah terang, hal ini wajar terjadi.

    Akan tetapi apabila darah yang anda keluarkan jumlahnya banyak dan lama maka disebut menorrhagia. Apabila menorrhagia yang anda alami sudah cukup lama hingga mencapai lebih dari 2 minggu tentunya sudah menimbulkan ketidaknyamanan sehingga anda perlu konsultasi dengan dokter kandungan anda mengenai penyebabnya. Penyebab menorrhagia ada banyak, salah satunya memang karena efek hormonal akibat penggunaan kontrasepsi hormonal. Penyebab lain menorrhagia seperti fibroid rahim, endometriosis, polip endometrium, dan gangguan lainnya pada organ kandungan. Ada baiknya anda konsultasi ke dokter kandungan untuk mencari penyebabnya.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus ISPA, Penyakit Apa? Oktober merupakan hari penyadaran kanker payudara internasional. Ada mitos dan fakta tentang kanker yang harus Anda ketahui. Mitos dan Fakta Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui