Profile
Kesehatan Anak

Apakah kecap baik bagi anak-anak?

Apakah kecap baik bagi anak-anak?

Sore, dok. Anak saya setiap makan, harus diberi kecap. Yang menjadi pertanyaan, apakah itu bagus untuk kesehatannya, dok?? Apakah ada efeknya jika tidak dikonsumsi?? Mohon penjelasannya, dok. Terima kasih

Answers

1 answers

  • Selamat sore

    Kecap adalah bumbu makanan yang banyak menjadi favorit masyarakat. Kecap sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah wajar dan tidak beelebihan.

    Fermentasi kedelai mengandung sejumlah besar bahan kimia yang disebut isoflavon. Ini adalah fitoestrogen dan salah satu bahan kimia utama yang mengganggu sekresi estrogen dan aktivitas hormonal lainnya pada manusia.

    Ginjal bisa terpengaruh oleh oksalat dan phytoestrogen yang hadir dalam produk kedelai. Oksalat menyebabkan batu ginjal, sementara kandungan fitoestrogen dapat menyebabkan gagal ginjal.

    Selain itu produk kedelai mengandung hemagglutinin yang membuat sel darah merah menggumpal. Ini menyebabkan oksigen dalam darah berkurang, sehingga serangan jantung dan penyakit kronis lainnya bisa dialami.

    Kecap yang dijual di pasaran juga mengandung fitat dalam jumlah tinggi yang dapat mengganggu proses pencernaan, dengan menghalangi penyerapan mineral dalam tubuh manusia.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Anak ?
Ask Doctor
Demam dan ruam bukan cuma ciri campak, lho. Bisa jadi ini gejala roseola. Demam Tinggi? Awas Roseola! Kejang demam sering dialami oleh bayi berusia 6 bulan hingga anak berusia 5 tahun, Banyak tanda-tanda yang terjadi saat kejang demam. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika buah hati Anda mengalami ini. Cara Tepat Atasi Anak Kejang Demam