Profile
Kesehatan Wanita

apakah ini merupakan gejala penyakit ?

apakah ini merupakan gejala penyakit ?
Daerah Istimewa Yogyakarta

pagi dok.. saya umur 19tahun, saya mau tanya , kenapa kepala saya sering terkekan dan pusing, dan bagian langit'' mulut mendekati saluran ke hidung sakit dan hidung juga terasa aneh... kepala saya terasa sakit dari bagian belakang bawah hingga penuh dok seperti tertekan dan pusing ... gejala apa itu dok ? terimakasih sebelumnya..

Answers

4 answers

  • Dear,

    Apakah anda sedang flu? Sudah berapa lama seperti ini?

    Jika anda flu dan hidung nya mampet, itu adalah salah satu yang dapat menyebabkan anda sakit kepala. Tapi, jika hal ini berkelanjutan, dapat anda periksa ke dokter.

    Terima kasih

  • dear Dr,jesslyn

    baru 2-3hari ini, kiranya sebulan yang lalu saya flu dok, kemaren pagi saya merasakan ini, dan tadi pagi saya mengeluarkan dahak tapi berwarna coklat sperti tercampur darah dok, setiap saya habis flu tetapi selang satu sampai dua bulan pasti seperti itu dok...
    kenapa bisa seperti dok ? apa obatnya untuk ini dok ?
    terimakasih sebelumnya dok..

  • Selamat malam Pak Luky

    Dari gejala yang anda alami kemungkinan besar anda menderita sinusitis. Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Inflamasi ini sering kali disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sinusitis termasuk penyakit umum yang bisa menjangkiti orang-orang pada segala umur.

    Gejala pada sinusitis adalah:

    - Sakit kepala
    - Demam dengan suhu 38┬░Celcius atau lebih
    - Hidung tersumbat atau berair
    - Nyeri pada bagian wajah dan terasa sakit ketika ditekan
    - Kehilangan indera penciuman
    - Batuk-batuk

    Sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna memastikan diagnosa tersebut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi,

    Sinus adalah rongga udara di daerah wajah yang terhubung lewat hidung. Terjadinya penimbunan mukus (lendir) di bagian rongga sinus disebabkan oleh penyakit sinusitis. Kondisi sinusistis ini, dapat menjadi media terjadinya pertumbuhan bakteri dan disebabkan oleh adanya peradangan pada sinus.

    Penderita sinusitis akan merasakan kondisi tidak nyaman pada area hidung. bahkan Anda juga akan mengalami kesulitan bernapas yang dapat menimbulkan rasa nyeri di daerah wajah. Selain kondisi tersebut, Anda juga akan merasakan ketidaknyamanan pada tubuh, seperti berikut:

    1. Nyeri telinga
    2. Batuk pada malam hari
    3. Penurunan fungsi pada indera penciuman dan perasa
    4. Bau mulut (halitosis)
    5. Mudah lelah
    6. Dahak berwarna kuning kehijauan dari hidung atau tenggorokan

    Untuk proses pembersihan sinusitis memerlukan waktu sekitar dua hari hingga satu minggu. Anda dapat melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasinya:

    1. Obat penghilang rasa sakit, seperti parasetamol dan ibuprofen dapat dikonsumsi untuk mengatasi sinusitis dalam tahap ringan. Tak hanya itu, dua jenis obat tersebut juga dapat Anda konsumsi untuk meredakan rasa sakit kepala yang disertai dengan nyeri pada wajah.

    2. Aspirin dan ibuprofen tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak di bawah usia 16 tahun. Hal ini juga berlaku untuk penderita asma, maag hingga gagal jantung.

    3. Selain dua jenis obat tersebut, Anda juga dapat menggunakan obat dekongestan untuk meringankan gejala sinusitis. Obat tersebut berbentuk cairan yang disemprotkan ke hidung, yang bertujuan untuk memberikan kemudahan Anda saat bernapas. Namun, penting diperhatikan bahwa dekongestan tidak boleh digunakan dalam waktu lebih dari satu minggu.

    4. Cara ampuh dan sederhana untuk memulihkan tubuh karena sinusitis, adalah dengan banyak beristirahat. Ini dapat membuat tubuh Anda kembali fit, sehingga Anda dapat melakukan aktivitas seperti biasanya.


    berikut artikel mengenai sinusitis
    http://meetdoctor.com/topic/sinusitis
    http://meetdoctor.com/article/7-gejala-umum-sinusitis
    http://meetdoctor.com/article/obat-sinusitis-ala-rumahan
    http://meetdoctor.com/article/sinusitis-ini-cara-mengatasinya

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tapi juga di bokong. Menjaga kebersihan diri adalah salah satu cara mengatasinya. Cara Basmi Jerawat di Bokong Jika Anda sedang menjalani program hamil dan melihat bercak darah kecokelatan di jadwal rutin menstruasi Anda, jangan buru-buru kecewa. Bercak Darah Seperti Haid, Pertanda Hamil?