Profile
Diare

Apakah ini diare?

Apakah ini diare?
Solo

Dok, seminggu yg lalu saya tidak BAB selama 5 hari, hari ke 5 waktu sore BAB saya normal tapi hanya sedikit padahal simpanan 5hari dan hari ke6 pagi mulailah BAB saya seperti air tapi dalam sehari tidak lebih dari 3kali hanya sakit perut saja dan masih berlangsung sampai sekarang dok, apa ini diare biasa atau gimna penjelasannya dok?

Answers

4 answers

  • dr. Deffy Leksani dr. Deffy Leksani Dokter Umum

    Hallo, Selamat Sore.

    Diare ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan atau buang air besar (BAB) dengan frekuensi yang lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Penderita diare ada yang hanya mengalami sakit perut singkat dengan tinja yang sedikit encer atau ada juga yang mengalami kram perut dengan tinja yang sangat encer. Pada kasus diare parah, kemungkinan penderitanya juga akan mengalami demam dan kram perut hebat.

    Penyebab diare pada orang dewasa dan anak-anak umumnya adalah infeksi usus. Infeksi usus sendiri terjadi karena mengonsumsi makanan atau minuman yang kotor dan terkontaminasi. Mikroorganisme yang sering menyebabkan infeksi usus adalah bakteri, parasit, dan virus seperti norovirus dan rotavirus.

    Sehingga yang terjadi pada anda, dapat dikatakan sebagai diare. jika diare anda tergolong amsih ringan, anda bisa mendapatkan pengobatan yang tersedia secara bebas, namun jiika tidak ada perubahan dan gejala semakin bertambah berat, ada baiknya untuk anda memeriksakan diri ke dokter.

    Jangan lupa untuk selalu perbanyak konsumsi air putih 8 gelas/harinya agar terjaga kebutuhan cairan anda.

    Untuk lebih lengkapnya, dapat anda buka link berikut ini :
    http://meetdoctor.com/topic/diare
    http://meetdoctor.com/article/cara-mengatasi-diare
    http://meetdoctor.com/article/diare-konsumsi-makanan-ini

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat membantu anda.

  • Apa tidak BAB dalam waktu yg agak lama itu termasuk gejala diare dok? Apa wajar tidak BAB selama 5 hari?

  • Halo Intan

    Tidak BAB selama 5 hari tentu bukanlah merupakan hal yang wajar. Konstipasi adalah kondisi tidak bisa buang air besar secara teratur atau tidak bisa sama sekali.

    Penyebab konstipasi pada seseorang bisa lebih dari satu. Ada beberapa faktor pemicu yang bisa memengaruhinya. Misalnya kurang minum, kurang konsumsi serat, perubahan pola makan serta kebiasaan mengabaikan keinginan untuk buang air besar. Selain gaya hidup yang kurang sehat, konstipasi juga dapat disebabkan oleh efek samping obat-obatan tertentu dan kondisi mental seperti kecemasan dan depresi. Konstipasi bukan merupakan gejala diare, namun kondisi yang menyebabkan konstipasi dan diare dapat merupakan hal yang berhubungan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Selamat siang,

    Diare ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan atau buang air besar (BAB) dengan frekuensi yang lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Hal ini tentu berbeda dengan kondisi tidak bisa buang air besar.

    Frekuensi BAB kurang dari tiga kali per minggu (dengan konsumsi makanan normal) secara medis disebut Konstipasi atau sering dikenal dengan sembelit. Sedangkan jika berdasarkan kriteria Rome III, konstipasi dikatakan terjadi jika memenuhi minimal 2 dari kriteria:
    - BAB kurang dari 3 kali/minggu
    - Perlunya mengejan untuk BAB
    - Tinja yang keras
    - Adanya sensasi obstruksi (sumbatan) anus-rektum
    - Adanya sensasi BAB yang tidak lampias
    - Perlunya paksaan untuk BAB

    Untuk mengatasi konstipasi, disarankan konsumsi makanan tinggi serat, olahraga dan konsumsi air putih yang cukup. Bila keluhan tidak membaik, lakukanlah pemeriksaan kedokter untuk evaluasi lanjut.

    Sebagai tambahan informasi, silahkan buka link berikut :
    http://meetdoctor.com/article/5-cara-agar-bab-lancar

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Diare ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan