Profile
Beauty & Skin Care

apakah gluthathione dapat memutihkan kulit secara permanen

apakah gluthathione dapat memutihkan kulit secara permanen
Kediri

malam dokter saya ingin bertanya apakah gluta dapat memutihkan kulit secara permanen apakah ada efek samping jika berhenti memakai gluta ??

Answers

3 answers

  • Selamat malam

    Zat utama yang kerap ada di suplemen pemutih kulit adalah glutathione. Di sini glutathione bertindak sebagai antioksidan yang bisa mencegah kerusakan oksidatif pada kulit. Selain itu, glutathione dalam dosis besar juga bisa memutihkan kulit. Cara kerjanya adalah menghambat produksi melanin (pigmen penentu warna kulit).

    Jika melihat fungsinya, glutathione memiliki peranan penting dalam tubuh seperti memerangi radikal bebas dan membantu detoksifikasi. Glutathione juga dapat ditemukan pada tiap sel tubuh. Selain memutihkan kulit, glutathione juga berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh.

    Namun penggunaannya pada suplemen pemutih kulit masih diperdebatkan. Ada ahli kulit yang mengatakan glutathione dapat membantu memutihkan kulit, namun efek jangka panjang dan keamanan obat ini belum sepenuhnya dimengerti. Glutathione sendiri belum disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Amerika Serikat. Selain itu, penggunaan glutathione dalam dosis tinggi dapat mengganggu fungsi ginjal.

    Sementara ahli kulit lain mengatakan glutathione hanya antioksidan yang mampu membantu perbaikan kulit. Glutathione tidak memiliki kemampuan untuk memutihkan kulit.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • oh ya dokter jadi apakah gluta gluta yang berasal dari thailand itu aman untuk di pakai ??

  • Selamat malam Winny Tri

    Mengenai keamanan produk saya tidak bisa menjawab karena hal tersebut tergantung apakah produk tersebut sudah lulus uji badan pengawas obat dan makanan ( BPOM ) atau belum. Sebaiknya anda pastikan ke produsen produk tersebut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Beauty & Skin Care ?
Ask Doctor
Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja Demam dan ruam bukan cuma ciri campak, lho. Bisa jadi ini gejala roseola. Demam Tinggi? Awas Roseola!