Profile
Alergi

apakah alergi sudah pasti asma?

apakah alergi sudah pasti asma?

apakah bila si kecil memiliki alergi sudah pasti memiliki asma?

Answers

3 answers

  • Selamat pagi,

    Belum tentu. Pada umumnya gejala alergi anak dikelompokkan menjadi gejala alergi pada kulit, gejala alergi pada saluran pernapasan, dan saluran pencernaan. Alergi pada anak dapat memberikan reaksi berbeda-beda, bisa hanya timbul reaksi pada kulit saja, terbatas pada saluran nafas atau hanya pada pencernaan atau kombinasi.

    Sesak napas atau asma adalah peradangan saluran pernafasan yang mengakibatkan kesulitan bernapas akibat menyempitnya saluran udara bronkial sehingga pasokan udara ke paru-paru menjadi kurang. Gejala-gejala asma yang umum adalah napas pendek, batuk, napas berbunyi dan retraksi atau dada bergerak naik turun secara cepat ketika bernapas.

    Asma tidak selalu disebut alergi. Namun, umumnya asma yang terjadi pada anak-anak adalah gejala alergi pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergen yang masuk kedalam tubuh.

    Alergen adalah substansi-substansi tidak berbahaya di lingkungan, namun akan menimbulkan reaksi tidak normal pada tubuh orang yang memiliki alergi. Contoh alergen antara lain debu, jamur, serbuk sari, bulu binatang, makanan, obat-obatan, dll. Penyebab lain asma selain menghirup allergen adalah emosional/stres, pergantian cuaca, dan aktivitas berlebihan yang menimbulkan kelelahan.

    Sebagai tambahan informasi, silahkan buka link berikut : http://www.alergianak.com/

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • Belum tentu. Karna asma itu banyak penyebabnya. salah satunya karna bulu kucing!

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat malam,

    Yups benar, belum tentu.

    Seperti yang telah disampaikan Dokter jezy.

    Pada prinsipnya gejala alergi anak dikelompokkan menjadi gejala alergi pada kulit, gejala alergi pada saluran pernapasan, dan saluran pencernaan. Alergi pada anak dapat memberikan reaksi berbeda-beda, bisa hanya timbul reaksi pada kulit saja, terbatas pada saluran nafas atau hanya pada pencernaan atau kombinasi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Alergi ?
Ask Doctor
Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja