Profile
Fibrocystic Breast

Apa yang terjadi dengan payudara saya??

Apa yang terjadi dengan payudara saya??
Pekanbaru

saya mau tanya dok.maaf sebelumnya,diputing payudara saya tiba2 ada benjolan2 kecil,yang buat puting payudara saya agak aneh,,,kalau tersenggol agak perih,, apa itu tanda2 kanker payudara ya dok??

Answers

4 answers

  • Halo

    Sudah berapa hari benjolan tersebut ada di areola payudara anda? Apakah dari dari puting keluar cairan/darah? Bagaimana keadaan kulit di sekitar payudara anda? Apakah ada perubahan atau tampak seperti kulit jeruk? Coba raba bagian ketiak anda, apakah ada suatu benjolan atau bagian yang membesar?

    Selain info, dokter perlu memeriksa langsung keadaan payudara anda untuk mengetahui kemungkinan penyakit.

    Semoga bermanfaat ya

  • Baru hari ini dok.. gak nyampe berhari2.. yg dokter tanya semua nya gak ad dok.. dia benjolan2 kecil dok,di puting payudara nya dok,buka di sekitar payudara dok..

  • Halo Diah

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab benjolan di puting payudara anda:

    infeksi bakteri, misalnya folikulitis, furunkel, karbunkel, abses/bisul
    kista
    perubahan fibrokistik
    fibroadenoma
    dan lain-lain

    Sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga diketahui penyebab keluhan anda dan pengobatan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    Gejala-gejala kanker payudara adalah :

    Terdapat benjolan di payudara atau bawah lengan walaupun menstruasi sudah selesai.
    Pembengkakan di ketiak.
    Lekukan dipayudara.
    Perubahan kontur, tekstur dan temperatur pada payudara (kulit menjadi kemerahan atau berbintik seperti kulit jeruk).
    Perubahan pada puting, misalnya, jadi mengarah ke dalam, gatal, rasa terbakar, koreng (adalah gejala dari Paget's disease yang merupakan kanker lokal).
    Keluar cairan dari puting (bening atau merah darah).
    ‘Marble area’ (seperti marmer) dibawah kulit.

    Payudara yang normal, memiliki kelenjar susu yang terkoneksi kepermukaan kulit (puting) melalui pembuluh yang sempit. Kanker payudara awalnya terbentuk oleh tumor kecil, Tumor dapat tumbuh dan menyerang jaringan disekitar payudara, misalnya kulit atau dinding dada. Kanker ini terjadi di jaringan payudara, terutama di saluran susu atau di kelenjar. Kanker dapat menyebar ke paru-paru, hati atau tulang. Kanker payudara juga bisa mengenai pria.

    Faktor pemicu terjadinya kanker payudara diantaranya, meningkatnya usia, faktor keturunan dan hormon.

    beberapa tips buat anda mengetahui secara dini kanker payudara.
    Pemeriksaan sendiri
    (Adalah langkah paling awal dari pemeriksaan). Cek payudara tiap 3 atau 5 hari setelah masa menstruasi selesai.
    Perhatikan jika ada perubahan bentuk payudara atau puting.
    Cara yang paling sederhana adalah saat mandi, gunakan sabun agar permukaan kulit menjadi licin dan perlahan pijat sekitar payudara untuk mengecek kemungkinan adanya benjolan.

    Untuk pencegahan, lakukan pemeriksaan ke dokter, 3 tahun sekali setelah memasuki usia 20 tahun dan 1 tahun sekali setelah memasuki usia 40 tahun. Mammogram Adalah x-rays khusus yang dilakukan untuk melihat perubahan atau pertumbuhan pada jaringan payudara. Breast ultrasound Untuk mengecek apakah benjolan tersebut adalah kista atau gumpalan padat ( kanker).

    untuk kanker payudara sendiri, penatalaksanaan dan pengobatannya sangat tergantung dari stadium yang dialami oleh penderita, stadium ini diketahui dari pemeriksaan fisik, gejala metastasis (penyebaran) dan pemeriksaan penunjang (seperti biopsi, rontgen, USG, atau MRI).

    pengobatan yang ada saat ini yaitu berupa :

    Mastektomi
    Modified Radical Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara, jaringan payudara di tulang dada, tulang selangka dan tulang iga, serta benjolan di sekitar ketiak.
    Total (Simple) Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara saja, tetapi bukan kelenjar di ketiak.
    Radical Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan sebagian dari payudara. Biasanya disebut lumpectomy, yaitu pengangkatan hanya pada jaringan yang mengandung sel kanker, bukan seluruh payudara. Operasi ini selalu diikuti dengan pemberian radioterapi. Biasanya lumpectomy direkomendasikan pada pasien yang besar tumornya kurang dari 2 cm dan letaknya di pinggir payudara.

    Radiasi
    Penyinaran/radiasi adalah proses penyinaran pada daerah yang terkena kanker dengan menggunakan sinar X dan sinar gamma yang bertujuan membunuh sel kanker yang masih tersisa di payudara setelah operasi. Efek pengobatan ini tubuh menjadi lemah, nafsu makan berkurang, warna kulit di sekitar payudara menjadi hitam, serta Hb dan leukosit cenderung menurun sebagai akibat dari radiasi

    Kemoterapi
    Kemoterapi adalah proses pemberian obat-obatan anti kanker atau sitokina dalam bentuk pil cair atau kapsul atau melalui infus yang bertujuan membunuh sel kanker melalui mekanisme kemotaksis. Tidak hanya sel kanker pada payudara, tapi juga di seluruh tubuh Efek dari kemoterapi adalah pasien mengalami mual dan muntah serta rambut rontok karena pengaruh obat-obatan yang diberikan pada saat kemoterapi.

    Sebagai tambahan informasi silakan anda baca artikel berikut
    http://meetdoctor.com/topic/breast-cancer.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor

Popular Article

Lupus adalah penyakit auto imum yang memiliki beberapa gejala seperti persendian bengkak, demam dan kelelahan. Ini yang Perlu Anda Tahu Tentang Lupus, Penyakit yang Diderita Selena Gomez Lupus adalah penyakit auto imum yang memiliki beberapa gejala seperti persendian bengkak, demam dan kelelahan. Ini yang Perlu Anda Tahu Tentang Lupus, Penyakit yang Diderita Selena Gomez