Profile
Jantung dan Pembuluh Darah

Apa penyebab jantung berdebar?

Apa penyebab jantung berdebar?
Jakarta

Belakangan ini jantung saya kadang berdetak kencang, bukan cepat, tapi kencang sampai terasa sekali degupnya. Ada yang bilang itu berarti jantung lagi mompa darah. Ada yang bilang karena kurang tidur. Memang belakangan ini tidur saya terganggu karena flu akibat alergi dingin. Bulan Juli lalu saya sudah EKG hasilnya normal. Apa yang kira-kira penyebabnya? makasih

Answers

4 answers

  • Selamat sore,

    Jikaa hasil EKG normal. Kemungkinan tidak ada penyebab serius. Mungkin rasa berdebar-debar ini timbul saat anda dalam keadaan cemas atau gelisah.


  • justru saya tidak sedang cemas atau gelisah. jantung berdebar ini biasanya timbul klo saya sedang bersin. kenapa ya?

  • Selamat malam.
    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Selain cemas dan gelisah, penyebab lain berdebar-debar pada jantung adalah latihan fisik yang berat, konsumsi kopi dan alkohol, merokok, demam, dan sebagainya. Obat-obatan tertentu dan penyakit, seperti gangguan irama jantung, hipertensi, ataupun hipertiroid, juga dapat menyebabkan jantung berdebar.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda :)

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    penyebab lain berdebar-debar pada jantung biasanya karena ,latihan fisik yang berat, konsumsi kopi, alkohol, merokok, demam, Obat-obatan tertentu

    penyakit yang yang gejalanya seperti jantung berdebar debar , seperti

    gangguan irama jantung, Kelainan ritme jantung disebut aritmia. Selain aritmia, ada pula kelainan pada denyut jantung. Denyut jantung yang normal berkisar antara 50-100 kali per menit. Aritmia dan kelainan denyut jantung .gejala yang ditimbulkan seperti : Dada berdebar, Jantung tiba-tiba berdegup kencang, Pusing, kepala terasa ringan., sering pingsan, Napas pendek, Dada terasa tidak nyaman, Sering merasa lelah.

    hipertensi, Hipertensi atau tekanan darah tinggi Selain berbagai gejala yang telah disebutkan di atas, hipertensi berat –bahkan dapat mencapai atau melebihi 180/110 mmHg)- akan menimbulkan keluhan berupa: Sakit kepala berat yang biasanya berlangsung selama beberapa hari, Gangguan penglihatan, Nyeri dada, Kesulitan saat bernapas, Denyut jantung tidak teratur, Pusing derajat ringan hingga berat dan vertigo.

    hipertiroid, Hipertiroid adalah kondisi berlebihnya jumlah hormon tiroid. Hipertiroid bisa menyebabkan segala sesuatu yang ada didalam tubuh bekerja dengan terlalu cepat (mempercepat metabolisme tubuh), misalnya, berat badan turun dengan cepat, jantung berdetak kencang, banyak berkeringat, gugup.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Jantung dan Pembuluh Darah ?
Ask Doctor
Cara Tepat Melindungi Kulit dari Sinar UV Cara Tepat Melindungi Kulit dari Sinar UV Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi?