Profile
Hamil

apa kegunaan pil norelut? saya telat haid, apakah saya boleh meminum pil tersebut?

apa kegunaan pil norelut? saya telat haid, apakah saya boleh meminum pil tersebut?
Jakarta

saya sempat berhubungan, dan sempat mendapat haid yang singkat dan hanya sedikit (2 hari), padahal haid saya biasanya 4 hari lamanya. ada artikel yang saya baca mengatakan kalau itu adalah tanda awal hamil. saya sedang tidak berencana untuk hamil lagi. lalu ada teman yang menyarankan untuk minum norelut. apakah boleh? katanya bisa haid lagi setelah minum itu

Answers

9 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Sebaiknya anda test pack dahulu untuk melihat apakah anda sedang hamil atau tidak.

    Obat Norelut merupakan obat hormonal yang hanya boleh diberikan setelah anda diperiksa dan mendapatkan resep oleh dokter. Obat ini tidak boleh diminum dalam keadaan hamil.

    Terima kasih.

  • saya sudah melakukan tes dok, dan hasil yang keluar adalah 1 garis...
    jadi apakah sebaiknya saya minum norelut itu? haid yg sedikit itu apakah bisa disebut haid atau bagaimana??

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Haid dalam tempo 2 hari itu masih normal. Anda belum perlu untuk minum Norelut.

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Sebaiknya dilakukan test kehamilan lebih dulu. Bila +, maka anda hamil. Bila negatif, maka kemungkinan gangguan haid krn hormonal. Bisa diminumin Norelut 2x1 selama 6 hari

  • sudah saya tes dan negatif dok...

  • Selamat sore, Rina.
    Terima kasih atas informasinya.

    Jika hasil testpack negatif, maka kemungkinan besar Anda tidak hamil.
    Untuk melakukan program pengaturan kehamilan, Anda dapat mengonsultasikan kepada dokter Anda terlebih dahulu, agar tepat dalam pemilihan obat dan alat kontrasepsi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda :)

  • Mslh y dia atas doc
    Sy mau tanya cara pemakaian obat norelut yang benar bagi yang terlambat haid 3 minggu krn sudah 3 kali d tespek hasil negatif doc

  • dr. Fadma Yuliani dr. Fadma Yuliani Dokter Umum

    Selamat pagi dear.
    Biasanya keluhan siklus menstruasi yang tidak teratur hanya terjadi pada beberapa kali dan membaik dengan sendirinya. Namun bila sedang mengalami gangguan siklus menstruasi yang tidak teratur hingga lebih dari 3 siklus haid seperti tidak menstruasi lebih dari 3 bulan, menstruasi yang lebih sering, disertai dengan kram pada perut hebat, perdarahan lebih banyak dari biasanya,atau gejala lain sebaiknya untuk periksakan secara langsung oleh dokter. Penanganan menstruasi yang tidak teratur biasanya diberikan sesuai dengan penyebabnya. Salah satunya dokter akan diberikan obat-obatan berisi hormon untuk memancing siklus menstruasi agar kembali teratur. Norelut adalah obat hormon yang mengandung turunan progesteron. Tentunya dalam memberikan pengobatan adalah sesuai dengan hasil pemeriksaan dan pertimbangan dokter sesuai dengan kondisi. Mengenai jangka waktu berapa lama, dosis, dan penggunaannya sebaiknya untuk dikonsultasikan secara langsung dengan dokter Anda. Beberapa upaya yang dapat dilakukan adalah :
    Hindari melakukan aktivitas atau olahraga secara berlebihan
    Tidak melakukan diet atau penurunan berat badan secara ekstrim
    Menghindari pemicu stres
    Hindari menggunakan obat-obatan di luar petunjuk dokter
    Istirahat cukup
    Tidak merokok
    Makan makanan yang bergizi
    Asupan cairan cukup (minimal 2 liter per hari)

    Semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan meetdoctor

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    gangguan siklus haid haid yang datang tidak teratur atau haid yang sedikit sekali, dalam dunia medis disebut oligomenore. Siklus haid normal yaitu 28 hari dengan periode 5-7 hari. Tetapi pada umumnya tidak semua wanita mengalami menstruasi yang sama karena siklus menstruasi dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi, stress, gaya hidup, dll.

    Oligomenore ini merupakan salah satu dari ganggguan haid. Gangguan haid merupakan perdarahan haid yang tidak normal dalam hal panjang siklus haid, lama haid, dan jumlah darah haid. Gangguan pada haid bermacam-macam yaitu :

    • Amenorrhoea dan Oligomenorrhea : tidak ada atau sedikit darah yang dikeluarkan selama menstruasi terjadi
    • Menorrhagia perdarahan haid yang lebih banyak dari normal (lebih dari 80ml/hari) atau lebih lama dari normal (lebih dari 8 hari)
    • Metrorrhagia ; perdarahan rahim di luar waktu haid.

    Penyebab dari gangguan biasanya disebabkan oleh beberapa tahun menjelang menopause, gangguan indung telur, stress dan depresi, penurunan berat badan berlebihan, sakit kronis, obesitas, olahraga berlebihan seperti atlit serta penggunaan obat-obatan tertentu, seperti antikoagulan, aspirin dll. Gangguan haid seperti ini biasanya bersifat sementara dan dapat sembuh dengan sendirinya.

    Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat mengatasi bagaimana agar tidak terjadi gangguan haid:

    1. Konsumsi makanan yang sehat
    2. Menjaga berat badan Anda
    3. Berolahraga
    4. Menghindari dan mengendalikan stress dengan baik

    Namun jika berlangsug terus-menerus sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter Kandungan.

    terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Kehamilan momen yang rentan bagi wanita, karena itu ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat Antibiotik pada Kehamilan Kehamilan momen yang rentan bagi wanita, karena itu ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat Antibiotik pada Kehamilan