Profile
Kesehatan Anak

Anak umur 1 tahun lebih suka minum air putih dibanding susu

Anak umur 1 tahun lebih suka minum air putih dibanding susu

Pagi, dok. Ponakan saya berumur 1 tahun, mamanya sudah usaha memberikan susu dan ASI tapi dia gak mau minum. Ponakan saya hanya mau minum air putih saja, bahkan sebelum tidur dia bisa minum 3 botol air putih berukuran besar. Sepertinya, dalam 1 hari dia bisa minum 1 liter air putih. Apakah hal itu sesuatu yang baik bagi kesehatannya, dok?? Apakah yang sebaiknya dikonsumsi untuk anak umur 1 tahun, dok? Mohon penjelasannya.

Answers

1 answers

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat siang,
    Setelah bayi menginjak usia 6 bulan, dia harus minum 2 sampai 4 oz (60-120 cc) air dua kali sehari sampai ia mencapai usia 1 tahun. Pada usia 12 bulan, anak harus minum minimal 4 oz per hari, berdasarkan kehausan anak. Setelah sistem kekebalan tubuh telah matang sedikit, dan makanan padat sudah mulai, ASI atau susu formula masih harus menjadi minuman utama.

    Menginjak usia satu tahun, sudah waktunya anak diberi makan tiga kali sehari dan dapat diselingi dengan memberikan camilan di antara waktu-waktu makan tersebut.

    mulai perhatikan makanan anak 1 tahun - alodokter

    Anda bisa mulai mencoba memperkenalkan makanan padat sebagaimana yang dikonsumsi orang dewasa. Akan tetapi, makanan-makanan padat tersebut harus diberikan dalam bentuk yang mudah dikunyah, ditelan, dan dicerna oleh sistem pencernaan anak Anda. Untuk itu, potonglah makanan dalam ukuran kecil atau jika perlu dicincang.

    Berilah makanan yang bervariasi kepada anak Anda. Makin banyak variasinya, maka makin bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Susu sapi dan madu boleh diberikan jika anak sudah berumur satu tahun ke atas. Selain itu, jenis makanan lain dapat mulai diperkenalkan, seperti olahan kacang, telur, biji-bijian, dan ikan. Jika keluarga memiliki riwayat alergi, Anda perlu memilah-milah makanan yang tepat untuk anak Anda.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Anak ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan