Profile
Health A-Z

020117

020117

Selamat malam Dok, Saya mau tanya, apa yang harus kita lakukan pada saat gigi kita lagi ngilu? Kalau pass gigi lagi ngilu, kita sikat gigi, apakah bisa membantu?

Answers

1 answers

  • Selamat malam dear,

    Penyebab gigi ngilu bisa bermacam-macam, Misalnya, gigi berlubang yang disebabkan sisa makanan menempel di enamel (lapisan luar gigi). Sisa makanan ini menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Bakteri kemudian mengubah gula pada sisa makanan menjadi asam yang kemudian mengikis lapisan gigi. Lapisan gigi yang menipis ini kemudian membentuk karies atau lubang pada gigi.

    Di lain sisi, jika gigi tidak berlubang tapi gigi Anda tetap terasa ngilu saat mengonsumsi makanan serta minuman yang panas maupun dingin, ini berarti Anda terkena masalah gigi sensitif.

    Gigi sensitif sering kali disebabkan penurunan gusi yang mengekspos akar gigi, sehingga menghilangkan perlindungan pada saraf gigi sehingga saraf gigi langsung menerima rangsangan. Akar gigi yang terekspos ini dapat disebabkan oleh kebiasaan menyikat gigi yang salah, faktor usia, penyakit gusi lainnya, dan terbukanya dentin.

    Permasalahan gigi sensitif ini dapat diperbaiki dengan menyikat gigi dengan benar serta rutin melakukan pengecekan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Hal ini dilakukan agar penyebab gigi sensitif dapat diketahui dan diatasi.

    Sebenarnya, perawatan gigi sensitif dibedakan menjadi perawatan non-invasif dan perawatan invasif. Perawatan non-invasif bisa dilakukan dengan memakai pasta gigi khusus gigi sensitif atau desensitisasi seperti Sensodyne. Pasta gigi ini dapat membantu gigi sensitif membentuk kembali lapisan pelindung gigi dan masuk ke dalam lapisan gigi.

    Sekian semoga membantu. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Health A-Z ?
Ask Doctor
Kejang demam sering dialami oleh bayi berusia 6 bulan hingga anak berusia 5 tahun, Banyak tanda-tanda yang terjadi saat kejang demam. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika buah hati Anda mengalami ini. Cara Tepat Atasi Anak Kejang Demam Penyakit Diare banyak terjadi di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia. Cuaca di Indonesia kembali tidak menentu alias musim pancaroba. Waspada Diare Berkepanjangan