Profile
Health A-Z

WeCare.id: Wujudkan Misi Indonesia Sehat Merata

WeCare.id: Wujudkan Misi Indonesia Sehat Merata

WeCare adalah website donasi untuk membantu masyarakat terpencil mendapatkan akses kesehatan.

Bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar, mungkin tidak sulit untuk mendapatkan akses kesehatan. Namun, saudara-saudara kita yang berada di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau, akses kesehatan masih terbilang sulit. Selain finansial yang terbatas, masih banyak juga di antara mereka yang belum terjangkau oleh BPJS. 

Visi Misi 

Dengan latar belakang itulah dr. Mesty Ariotedjo dan Gigih Septianto berinisiatif  mendirikan WeCare, sebuah website donasi,  pada Oktober 2015. Mereka melihat masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak bisa berobat karena tidak adanya biaya. Sebagian memang sudah ada yang memiliki BPJS, namun pada pelaksanaannya di lapangan,  ada saja kendala dalam penggunaannya, misalnya tidak semua penyakit bisa ditanggung oleh BPJS, prosedur yang berbelit, dan sebagainya. Melalui WeCare diharapkan akses kesehatan bisa dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. 

“Misi dan tujuan WeCare itu simpel saja, Indonesia sehat merata. Kami ingin menjadi civil support untuk pemerintah dalam menciptakan Indonesia yang sehat merata,” jelas Ade Nurul Safrina, Program Manajer WeCare.id.

Donatur, Medikator atau Katalis? 
Menurut Ade, setiap orang bisa berpartisipasi melalui WeCare. Anda bisa menjadi medikator, donatur atau katalis yaitu mengajukan pasien yang membutuhkan bantuan. Saat ini, WeCare sudah memiliki 4 pekerja tetap dan 20 relawan dan 100 medikator di seluruh Indonesia. Sejak didirikan sudah sekitar 168 pasien yang mendapatkan bantuan kesehatan melalui WeCare. 

“Kalau dijumlah dengan pertolongan langsung yang kita lakukan saat acara offline misalnya, ada sekitar 300-an pasien, sedangkan dana yang terkumpul  mencapai 1,4 miliar untuk pasien di seluruh Indonesia,” ungkap Ade. 

Ade menambahkan bahwa dalam menentukan pasien yang akan dibantu, WeCare lebih mengutamakan pasien anak-anak dan mereka yang memiliki kesembuhan tinggi. Para calon donatur bisa memilih pasien yang ingin dibantu, lalu memberi bantuan dengan menyumbang mulai dari Rp 10.000.  Seluruh transaksi yang dilakukan akan ditampilkan secara transparan di situs ini. Donatur tidak hanya terbatas pada perorangan, beberapa perusahaan juga ikut ambil bagian dalam project-project WeCare. 

Kerjasama dengan Instansi Kesehatan
Menurut Ade, tantangan yang dihadapi WeCare selain meraih lebih banyak pasien dan donasi adalah bagaimana menjalin kerjasama yang baik dengan instansi kesehatan di daerah. “Paling sering itu hambatannya  masalah birokrasi, maka itu ke depannya, kami akan terus menerus meningkatkan komunikasi dengan instansi-instansi kesehatan di daerah,” kata Ade. 

Untuk ke depannya, WeCare memiliki rencana untuk meningkatkan penyebarannya hingga ke daerah-daerah pedalaman, dan memiliki produk microinsurance kesehatan yang bisa memberikan premi yang murah bagi masyarakat kecil, misalnya Rp500-Rp1000 perhari. Sehingga diharapkan asuransi ini nantinya bisa melengkapi BPJS. 

Selain mengumpulkan biaya pengobatan, WeCare juga ingin membantu mengumpulkan dana untuk biaya teknologi pengobatan di rumah sakit terpencil. “Dengan demikian misi WeCare menjadikan Indonesia sehat merata bisa terwujud,” kata Ade. 

Untuk informasi selengkapnya, silahkan kunjungi website WeCare di sini.

Anda punya pertanyaan seputar Health A-Z ?
Ask Doctor
Angka bunuh diri terjadi hampir dua kali lipat lebih sering daripada pembunuhan. Mereka yang depresi dan penderita bipolar rentan melakukan bunuh diri. Penderita Bipolar Rentan Melakukan Bunuh Diri Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja