Profile
Penyakit Jantung

Waspadai Gejala Serangan Jantung

Waspadai Gejala Serangan Jantung

Sebaiknya Anda waspadai gejala serangan jantung karena dapat terjadi pada pria maupun wanita. Penyakit jantung terjadi jika terbentuk plak kolesterol pada pembuluh darah koroner yang mengalirkan darah ke jantung. Plak akan mengganggu aliran darah sehingga mengurangi asupan oksigen bagi jantung. Khusus pria, serangan jantung biasanya terjadi karena sumbatan pada pembuluh darah arteri koroner. Inilah yang disebut dengan penyakit arteri koroner atau coronary artery disease. Wanita, di sisi lain, cenderung mengalami penyakit jantung yang disebabkan sumbatan pada pembuluh darah arteri koroner yang lebih kecil dan merupakan cabang dari pembuluh darah arteri koroner besar atau penyakit mikrovaskular (microvascular disease).

Keluhan seiring serangan jantung adalah rasa tidak nyaman di dada, terasa seperti tertekan, sesak di dada, sensasi terbakar di dada atau terasa berat. Keluhan serangan jantung ini dirasakan saat melakukan aktivitas fisik atau sedang stres dan membaik jika aktivitas dihentikan atau stres mereda.

Nyeri dada atau rasa tidak enak di dada umumnya adalah gejala serangan jantung yang utama, baik pada pria dan wanita. Namun pria dan wanita memiliki gejala serangan jantung yang berbeda. Misalnya, wanita lebih sering mengalami keluhan penyerta serangan jantung (meski demikian hal ini juga dapat dikeluhkan oleh pria).

Berikut beberapa gejala serangan jantung yang umum dikeluhkan :

- Nyeri atau rasa tidak nyaman pada satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang atau perut.
- Susah bernafas disertai atau tanpa rasa tidak nyaman di dada.
- Keluhan lain berupa berkeringat dingin, pusing, dan rasa mual.

Jadi sedini mungkin baik pria maupun wanita harus dapat mengenali tanda dan gejala serangan jantung serta kapan harus segera datang ke pelayanan kesehatan.

Ditulis oleh dr. Handris Yanitra 

Anda punya pertanyaan seputar Penyakit Jantung ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi?