Profile
Diabetes Tipe 2

Waspada Diabetes Tipe 2

Waspada Diabetes Tipe 2

Diabetes adalah kondisi dimana terganggunya proses metabolisme tubuh yang dikarenakan ketidakmampuan tubuh memproduksi insulin sehingga mempengaruhi tingkat glukosa dalam darah.

Sedangkan glukosa itu sendiri memiliki peranan yang sangat penting untuk kesehatan, karena merupakan sumber energi bagi sel-sel yang membentuk otot dan jaringan. Selain itu, glukosa juga sumber bahan bakar utama untuk otak.

Berdasarkan klarifikasi WHO, diabetes melitus terbagi atas beberapa tipe, yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, diabetes gestasional dan diabetes tipe lainnya. Namum, diabetes melitus tipe 2 merupakan jenis diabetes yang paling banyak diderita masyarakat. Hal tersebut terlihat dari semua kasus diabetes pada populasi di beberapa negara diketahui bahwa sekitar 90% adalah diabetes melitus tipe 2.

Peningkatan jumlah penderita diabetes umumnya terjadi di negara-negara berkembang yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pertumbuhan penduduk, proses penuaan, obesitas, diet serta pola hidup yang tidak sehat.

Sementara, menurut Kemenkes R1, 2009 penderita diabetes melitus tipe 2 di Indonesia itu sendiri hampir mencapai 80%. Bahkan, Indonesia berada diposisi keempat di dunia setelah India, China dan Amerika Serikat. Oleh karena itu, masyarakat di himbau untuk dapat menjaga atau menjalani pola hidup sehat.

Diabetes melitus tipe 2 umumnya terjadi karena adanya penurunan pada produksi insulin dalam tubuh yang membuat tubuh menjadi kurang peka terhadap insulin dan kondisi tersebut dikenal dengan istilah resistensi terhadap insulin. Hal tersebut membuat kadar gula dalam darah meningkat dan tidak dapat diserap oleh sel-sel tubuh sehingga menyebabkan sel tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.


Diabetes yang tidak terkendali dengan baik dapat menimbulkan komplikasi lebih lanjut seperti koma diabetikum, dehidrasi berat, kerusakan saraf dan pembuluh darah pada mata, ginjal, hati bahkan dapat menyebabkan risiko terjadinya serangan jantung.

Lalu, apa gejalanya seseorang menderita diabetes melitus tipe 2:
1.Lebih sering haus dari biasanya
2.Mulut terasa kering
3.Mual dan muntah
4.Sering buang air kecil terutama pada malam hari
5.Mudah lemah dan lesu



6.Pandangan menjadi tidak fokus atau kabur
7.Kaki dan tangan mengalami mati rasa
8.Pusing
9.Adanya infeksi kulit, saluran kemih atau vagina
10.Mood swing

Kelebihan berat badan atau obesitas dan kurangnya aktivitas fisik menjadi penyebab utama timbulnya diabetes melitus tipe 2. Oleh karena itu, untuk pencegahannya, terutama bagi Anda yang juga mengalami obesitas adalah wajib melakukan latihan fisik atau olahraga secara rutin, mengatur menu makan atau diet dan berhenti merokok. Hal itu disebabkan, merokok justru dapat memperparah risiko diabetes dan juga dapat berdampak buruk untuk jantung.(PR)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Anda punya pertanyaan seputar Diabetes Tipe 2 ?
Ask Doctor
Hiportemia rentan dialami bayi. Kenali gejala dan cara menanganinya Mencegah Hiportemia pada Bayi dan Anak Penyakit jantung memiliki nama dan beberapa istilah yang penting Anda ketahui artinya. 'Nama Lain' Penyakit Jantung yang Perlu Anda Tahu