Profile
Beauty & Skin Care

Tips Memiliki Kuku Sehat dan Cantik

Tips Memiliki Kuku Sehat dan Cantik

Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang tak pernah luput dari perhatian, apalagi bagi wanita kuku adalah salah satu faktor penting yang dapat menunjang penampilan.  Karena itulah tak heran perawatan kuku di salon pun diminati kaum perempuan. Biasanya mereka melakukan perawatan kuku berupa menipedi atau pun hanya sekadar melapisi kuku dengan kuteks. 

Selama ini kita menganggap kuku yang cantik adalah kuku yang berhias kuteks. Padahal agar kuku terlihat cantik, tidak harus berkuteks. Ada yang jauh lebih penting dari itu. Kesehatan kuku haruslah menjadi perhatian utama. Indikasi kuku yang sehat adalah kuku terlihat bersih dan tidak kusam.  Penggunaan kuteks yang terlalu sering dan menghapusnya dengan menggunakan aseton secara berlebihan, akan membuat kuku Anda kehilangan kecantikannya karena warna putihnya berubah menjadi kuning.

Selain dapat menunjang penampilan, kuku juga dapat mencerminkan kesehatan tubuh kita lho. Kuku yang kuning juga bisa jadi menandakan adanya indikasi penyakit tertentu.  Oleh karena itu, perawatan kuku sangatlah penting. Tak hanya bagaimana cara mendapatkan kuku cantik, tetapi juga kuku yang sehat. Nah, berikut adalah caranya:

1.Menjaga kuku agar tetap bersih dan kering

2.Saat memotong kuku, maka potonglah kuku secara lurus dengan menggunakan gunting kuku yang tajam. Tak lupa untuk memotong sedikit samping kuku untuk mendapatkan kekuatan yang maksimum.

3.Rutin menggosok kuku dengan menggunakan irisan lemon setiap harinya. Hal itu disebabkan, kandungan asam pada lemon dapat membuat permukaan kuku menjadi cerah.

4.Hindari menggigit kuku atau memotong kutikula. Karena hal tersebut dapat merusak kuku. Selain itu, kutikula adalah penghalang alami untuk jamur dan bakteri. Saat Anda memotong kutikula maka akan menyebabkan kerusakan secara kuku permanen.

5.Jangan menggunakan kuku untuk membuka kaleng makanan atau apapun.

6.Potong kuku kaki secara teratur. Hal tersebut untuk meminimalisir risiko terjadinya trauma atau cidera.

7.Saat kuku kaki terasa tebal dan sulit untuk dipotong, jangan dipaksa untuk dipotong tetapi rendamlah kaki Anda dalam air hangat yang dicampurkan dengan satu sendok teh garam selama 5 hingga 10 menit.


8.Hindari memotong kuku terlalu dalam, terutama saat kuku Anda sedang sakit atau terinfeksi. Periksakanlah ke dokter kulit jika Anda mengalami tersebut.

9.Menggunakan sepatu yang tepat, terutama tidak kesempitan.

10.Menggunakan sandal jepit saat di kamar mandi umum. Hal tersebut dapat mengurangi risiko terjadinya infeksi yang disebabkan oleh jamur.


11.Jika kuku Anda rapuh, rendamlah kuku ke dalam air sabun hangat yang telah ditambahkan dengan beberapa tes cuka putih selama 8 hingga 10 menit. Lakukanlah secara rutin setiap seminggu sekali.

12.Rendam kuku selama 30 menit secara rutin setiap satu minggu dengan menggunakan baking powder. Hal tersebut dikarenakan, baking powder dapat mengembalikkan warna asli kuku karena mengandung pemutih alami.  Semoga bermanfaat! (PR)

Ditinjau oleh: dr. Aria Wibowo

Anda punya pertanyaan seputar Beauty & Skin Care ?
Ask Doctor
Nyeri ulu hati bisa berasal dari lambung, paru-paru, jantung dan usus buntu. Kenali ulu hati yang berbahaya dan tidak. Nyeri Ulu Hati, Berbahayakah? Nyeri ulu hati bisa berasal dari lambung, paru-paru, jantung dan usus buntu. Kenali ulu hati yang berbahaya dan tidak. Nyeri Ulu Hati, Berbahayakah?