Profile
Disfungsi Ereksi

Tips Hindari Disfungsi Ereksi

Tips Hindari Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi adalah gangguan seksual yang biasanya dialami oleh pria. Disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan untuk tetap berereksi saat berhubungan seksual. Nah, kondisi seperti ini biasa disebut dengan impotensi. Siapa pun pria yang mengalami disfungsi ereksi pasti akan merasa stres, emosi, bahkan hingga depresi. Berbagai cara banyak dicari dan dilakukan untuk mengatasi masalah disfungsi ereksi ini. Banyak diantaranya yang hanya penyesatan belaka. Sebenarnya, disfungsi ereksi bisa dihindari. Ini caranya! 

Perhatikan Makanan Anda

Diet yang buruk dapat menyebabkan pria mengalami disfungsi ereksi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang buruk dapat menyebabkan serangan jantung karena aliran darah yang mengalir dalam arteri koroner menjadi terbatas. Hal ini dapat menghambat aliran darah, baik ke penis maupun melalui penis. Padahal aliran darah tersebut dibutuhkan penis supaya dapat ereksi. 

Oleh karena itu, diet dan pola makan yang buruk dapat menyebabkan gangguan ereksi. “Apa pun yang yang buruk bagi jantung seorang pria, maka hal tersebut juga akan berakibat buruk bagi penisnya,” ucap Andrew McCullough, MD., profesor di bidang urologi klinis dan direktur program kesehatan seksual di New York University Langone Medical Center. 

Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan yang ideal, adalah salah satu cara untuk menghindari disfungsi ereksi. Pasalnya, kelebihan berat badan akan berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk diabetes tipe 2. Di mana penyakit tersebut dapat menyebabkan kerusakan saraf di seluruh tubuh. Nah, jika diabetes memengaruhi saraf yang memasok ke penis, maka disfungsi ereksi akan terjadi. 

Apa yang bisa Anda lakukan? Pertama, jagalah berat badan supaya tetap ideal dengan olahraga secara rutin. Berenang, berlari, dan latihan aerobik yang terbukti dapat membantu mencegah disfungsi ereksi.

Hindari Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol

Kadar kolesterol jahat yang tinggi dan tekanan darah tinggi sudah tentu dapat merusak pembuluh darah, termasuk yang membawa darah ke penis. Inilah salah satu penyebab disfungsi ereksi. Oleh karena itu, Anda harus mengontrol tekanan darah dan kolesterol jahat secara rutin. 

Hindari Konsumsi Alkohol Terlalu Banyak

Mengonsumsi apa pun secara berlebihan pasti akan berdampak buruk. Nah, demikian pula bila Anda mengonsumsi alkohol secara berlebihan, disfungsi ereksi akan memburuk dan menyebabkan kerusakan hati, kerusakan saraf, serta mengganggu keseimbangan normal kadar hormon seks pria. 

Berhenti Merokok

Merokok berdampak negatif bagi siapa saja yang mengisapnya. Nah, jika Anda masih merokok, maka berhentilah sekarang juga karena merokok dapat membahayakan pembuluh darah dan membatasi aliran darah ke penis. 

Hindari Seks yang Berisiko

Berhubungan seksual yang berlebihan dapat mencederai penis dan menyebabkan disfungsi ereksi. Jadi, untuk menghindari hal tersebut lakukan seks yang membuat Anda nyaman tanpa mencederai penis (misalnya gaya seks yang ekstrem).
 

Hindari Stres

Stres bisa meningkatkan kadar hormon adrenalin yang membuat pembuluh darah berkontraksi dan bisa menyebabkan hal buruk bagi ereksi. Oleh karena itu, hindari perasaan stres dan gangguan psikologis lainnya secara berlebihan untuk memberikan kehidupan seks yang lebih baik. (DS)

Di-review oleh dr. Heru H. Oentoeng, Sp. And

 
Anda punya pertanyaan seputar Disfungsi Ereksi ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya