Profile
Kesehatan A-Z

Tips Agar Tak Gampang Sakit di Cuaca Ekstrem

Tips Agar Tak Gampang Sakit di Cuaca Ekstrem

Ini cara ampuh agar tetap segar saat musim hujan dan pancaroba

Sebagian besar wilayah Indonesia mengalami cuaca ekstrem, hujan lebat disertai angin kencang. Berdasarkan data BMKG, pada Desember 2017 hingga Februari 2018 merupakan periode puncak musim hujan. Dengan cuaca seperti ini, tentunya  memicu datangnya penyakit, seperti demam, flu, pilek, diare, radang tenggorokan, sakit kepala, dan lainnya.

Cuaca ekstrem juga membuat penyakit infeksi begitu cepat menular, terlebih yang ditimbulkan oleh virus melalui droplet infection atau partikel air yang bisa dihasilkan oleh percikan ketika batuk, bersin, dan lainnya. Namun, jika penyakit tersebut disebabkan bakteri, maka penyebarannya bisa melalui kontak langsung atau lewat makanan.

Menghadapi cuaca seperti ini, Anda perlu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Beberapa hal ini perlu Anda perhatikan saat cuaca ekstrem:

Tidur cukup

Kurang tidur membuat kita rentan terhadap infeksi. Bukan berapa lamanya Anda tidur setiap malam, tapi seberapa kualitas tidur Anda. Karena ada sebagian orang yang tidurnya kurang dari tujuh jam, namun memiliki daya tahan tubuh yang baik. Suasana hati juga memengaruhi kemampuan Anda melawan infeksi, dan jika Anda merasa stres, Anda cenderung gampang sakit dibandingkan saat suasana hati Anda sedang bahagia dan rileks.

Rajin cuci tangan

Meskipun sebagian besar infeksi ditularkan melalui udara saat seesorang bersin, namun kuman dapat ditularkan melaui kontak fisik dan masuk ke tubuh saat terinfeksi. Tangan menyentuh bagian yang rentan seperti mata, mulut dan hidung, sehingga tubuh terinfeksi. Karena itu, sering mencuci tangan dapat mengurangi kemungkinan terkena virus, terutama rotavirus yang dapat menyebabkan muntah dan diare.

Olahraga teratur

Selain menjaga sirkulasi darah Anda, olahraga moderat juga dapat meningkatkan jumlah sel pembunuh alami (Natural Killer Cells) di tubuh Anda. Limfosit yang berada di aliran darah dan lapisan mukosa hidung dan saluran pernapasan inilah yang bertugas melawan bakteri dan virus yang masuk ke tubuh. Saat berolahraga, tingkat NK naik dan tetap tinggi selama sekitar 36 jam setelahnya. 

Menjaga tubuh terhidrasi dengan baik

Tubuh yang kekurangan cairan akan mengakibatkan dehidrasi yang membuat daya tahan tubuh menurun. Ketika daya tahan tubuh menurun, penyakit mudah sekali menyerang. Itu sebabnya, tubuh harus tetap terhidrasi karena cairan tubuh membantu produksi getah bening, membawa sel darah putih dan sel-sel kekebalan tubuh.

Selain itu, dehidrasi juga dapat meningkatkan kadar kortisol dan menurunkan produksi sel darah putih, yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Kortisol adalah hormon yang dilepaskan oleh kelenjar adrenal dan dikenal juga sebagai hormon stres. Meningkatnya hormon kortisol akan menekan sistem kekebalan tubuh.

Tubuh bisa mengalami dehidrasi karena jumlah cairan yang keluar lebih besar dari cairan tubuh yang masuk. Tak banyak yang menyadari bahwa cuaca yang dingin saat hujan dapat meningkatkan risiko dehidrasi karena orang cenderung tidak merasa haus. Hal tersebut mengurangi jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh. Padahal ketika cuaca dingin, tubuh bekerja lebih keras untuk menyeimbangkan kondisi tubuh dengan suhu udara, sehingga tubuh menjadi kehilangan banyak cairan melalui pernapasan, keringat dan lainnya. 

Untuk menghindari dehidrasi, minum air putih saja tidaklah cukup. Pasalnya, di dalam cairan tubuh, selain mengandung air, juga mengandung beberapa ion penting seperti natrium, klorida, magnesium, kalsium dan lain-lain. Jadi saat kehilangan cairan tubuh, yang hilang bukan hanya air, tapi juga ion-ion tersebut. Karena itu, kembalikan cairan tubuh yang hilang dengan minumam yang mengandung ion seperti POCARI SWEAT. Komposisinya yang mirip dengan cairan tubuh, membuat  POCARI SWEAT mudah diserap oleh tubuh sehingga lebih cepat mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

 

Yuk, jaga kondisi tubuh saat cuaca ekstrem dengan POCARI SWEAT

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Diet General Motor sangat mudah diikuti, hanya disarankan mengonsumsi sayur dan buah, serta karbohidrat kompleks. Diet General Motor, Berat Badan Turun Dalam 7 Hari Demensia adalah suatu kondisi yang berkaitan dengan penurunan kemampuan fungsi otak Ini Gejala Awal Demensia yang Sering Diabaikan