Profile
Health A-Z

Temukan Masalah Kesehatan pada Wajah Anda

Temukan Masalah Kesehatan pada Wajah Anda

Tidak hanya kecantikan, kesehatan seseorang juga bisa dilihat dari wajahnya. Terdapat beberapa faktor yang dapat menilai dan melihat gangguan kesehatan pada tubuh Anda, dan tanda-tanda tersebut dapat terlihat dari wajah. Di antaranya adalah dari garis, warna, ada/tidaknya jerawat, dan kekencangan kulit wajah Anda.

Dahi
Apabila Anda berkaca dan menemukan garis horizontal pada dahi, berhati-hati dan cek segera saluran pencernaan karena dikhawatirkan Anda memiliki masalah pada bagian pencernaan ataupun psikis. Anda harus lebih memerhatikan pola makan dan mengantisipasinya dengan menenangkan diri dan minum minuman yang hangat.  Kurangi mengonsumsi makanan olahan dan lemak, dan perbanyak sayur dan buah. 

Mata
Lingkaran hitam pada mata bukan hanya pertanda Anda kurang beristirahat, tapi juga karena ‘salah makan,’gangguan ginjal, kekurangan zat besi, serta pertanda obesitas. Untuk itu, Anda perlu mengurangi makanan yang mengandung gandum atau susu, diet sehat karbohidrat, dan memperbanyak minum air putih. Sebaiknya Anda juga mengurangi bahkan menghentikan konsumsi alkohol, kafein, dan minuman bersoda agar gangguan kesehatan Anda tidak semakin parah.

Hidung
Hidung adalah tempat yang mudah disinggahi jerawat dan komedo. Keberadaan kedua hal tersebut juga perlu untuk Anda waspadai karena jerawat dan komedo pada hidung menjadi awal tanda masalah jantung dan darah. Sangat disarankan untuk menghindari kopi, alkohol, dan makanan yang pedas serta mengurangi beban pikiran. Selain itu, jangan lupa untuk rajin membersihkan wajah agar jerawat tidak tumbuh semakin ganas dan menyebar.

Pipi
Bagian pipi yang berubah warna bisa menjadi indikasi penyakit paru-paru dan metabolisme tubuh yang  menurun. Kedua hal tersebut bisa semakin Anda waspadai bila Anda juga mengalami daya pikir yang melemah dan kesulitan dalam bernapas. Muailah dengan  memperbaiki pola makan dan rajin berolahraga  agar nutrisi dapat terserap dengan baik dalam tubuh serta menjaga kebersihan. Gangguan kesehatan lain yang dapat terlihat dari pipi adalah adanya flek-flek hitam yang mendandakan adanya racun-racun dalam tubuh. Sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan segar seperti buah-buahan dan minum lebih banyak air.

Bibir
Bibir kering pucat bisa menjadi pertanda bahwa seseorang mengidap anemia atau kekurangan darah. Beberapa penelitian lainnya pun menyatakan bahwa bibir pucat juga menunjukkan kondisi jantung yang menurun dan gangguan pada ginjal dan sistem pencernaan. Maka ada baiknya Anda selalu mengecek dan memastikan kesehatan Anda sebulan sekali dan menjalani diet yang sesuai kondisi dan kebutuhan tubuh.

Dagu
Siapa sangka bagian terbawah dari wajah juga mampu memberikan pertanda masalah kesehatan? Dagu yang membesar dan tidak seimbang bisa menjadi tanda Anda sedang mengalami stres dan ketidakseimbangan hormon. Mencari kegiatan yang bisa menyegarkan pikiran, berbagi pada orang terdekat, dan mengonsumsi makanan yang sehat sangat membantu keluar dari permasalahan kesehatan tersebut.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Anda punya pertanyaan seputar Health A-Z ?
Ask Doctor
Penyakit Diare banyak terjadi di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia. Cuaca di Indonesia kembali tidak menentu alias musim pancaroba. Waspada Diare Berkepanjangan Kejang demam sering dialami oleh bayi berusia 6 bulan hingga anak berusia 5 tahun, Banyak tanda-tanda yang terjadi saat kejang demam. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika buah hati Anda mengalami ini. Cara Tepat Atasi Anak Kejang Demam