Profile
Hamil

Tanda-Tanda Kehamilan

Tanda-Tanda Kehamilan

Apa saja tanda-tanda kehamilan yang bisa mengindikasikan bahwa seorang wanita sedang mengandung janin atau hamil ? Setelah berhubungan intim dengan pasangan, terutama pada masa subur dan tanpa alat kontrasepsi, sebaiknya seorang wanita mengetahui tentang tanda kehamilan. Tanda-tanda kehamilan tersebut bisa dikenali dengan mudah. Pasalnya, perubahan hormon bisa terjadi lebih cepat dibandingkan yang Anda kira. Di antara sekian banyak tanda akan kehamilan, mual muntah bisa dibilang sebagai tanda-tanda kehamilan yang paling umum. Akan tetapi, tak semua wanita mengalami tanda akan kehamilan yang serupa. 

Nah, berikut ini adalah tanda kehamilan yang perlu Anda ketahui.

Payudara membengkak

Salah satu tanda kehamilan yang terjadi pada minggu-minggu awal kehamilan adalah payudara terasa nyeri, bengkak, dan lebih penuh atau lebih berat.

Selain itu, area sekitar puting juga terlihat semakin besar dan warnanya makin gelap. Kondisi tersebut disebabkan meningkatnya kadar hormon progesteron. Oleh sebab itu, kenakanlah bra yang tepat supaya bisa menopang payudara dengan sempurna, terutama saat Anda olahraga. 

Kelelahan

Saat hamil, meningkatknya jumlah hormon progesteron akan membuat Anda lebih lelah daripada sebelumnya. Oleh karena itu, wanita hamil harus banyak istirahat dan mengonsumsi makanan yang kaya protein serta zat besi untuk menyeimbangkannya.

Mual muntah

Mual muntah adalah ciri-ciri ibu hamil pada awal kehamilan. Biasanya, mual muntah akan hilang sendiri setelah usia kandungan memasuki 12 – 16 minggu. Meski disebut sebagai morning sickness, mual muntah tak hanya terjadi pada pagi hari, lho. Mual muntah juga dapat terjadi kapan pun.

Penyebab mual muntah adalah meningkatnya hormon beta-HCG. Anda bisa mengatasi mual muntah dengan makan sesering mungkin tapi porsinya sedikit, lalu lebih banyak minum air putih agar tidak dehidrasi, dan hindari makanan tinggi protein dan karbohidrat kompleks. Bila mual muntah makin menjadi-jadi, Anda bisa menyantap lemon atau air jahe. 

Ngidam

Saat sedang hamil, wanita sering kali menginginkan makanan tertentu. Bahkan, makanan yang tidak disukai sebelum hamil, lho. Hal sebaliknya juga bisa terjadi. Ngidam biasanya terjadi pada kehamilan pada trimester pertama.

Penciuman lebih sensitif

Kebanyakan wanita hamil akan mengalami penciuman yang lebih sensitif. Sebut saja terhadap bau-bauan seperti rokok, bau masakan, hingga parfum. Hal itu terjadi disebabkan karena adanya perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh Anda.

Sering buang air kecil

Saat hamil, ginjal akan memproses urine lebih banyak karena volume darah ibu juga bertambah dan rahim juga sudah mulai berkembang serta mendorong kandung kemih. Hal itulah yang menyebabkan Anda akan lebih sering buang air kecil. Bila Anda mengalami ciri-ciri kehamilan tersebut, Anda membutuhkan cairan tambahan untuk menjaga agar cairan tubuh tercukupi.

Mood swing

Mood swing atau perubahan suasana hati selama kehamilan adalah hal yang sering dialami wanita. Ciri-ciri kehamilan ini disebabkan perubahan hormonal yang dapat memengaruhi emosi selama hamil. Setiap ibu hamil memiliki respons yang berbeda-beda terhadap perubahan hormon ini.

Jadi, jangan kaget bila tiba-tiba wanita hamil bersikap pemarah, namun bisa tenang dalam jangka waktu singkat.

Apakah Anda mengalami tanda akan kehamilan tadi? Nah, untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak, periksakan diri ke dokter atau lakukan tes urine dengan menggunakan test pack. Semoga membantu! (PR)

Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita

 
Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tapi juga di bokong. Menjaga kebersihan diri adalah salah satu cara mengatasinya. Cara Basmi Jerawat di Bokong Campak disebut juga dengan measles, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh. Ini Saat Tepat Imunisasi Campak