Profile
Nutricoach

Susu untuk Calon Ibu

Susu untuk Calon Ibu

Susu merupakan bahan makanan yang paling sering dipilih oleh ibu hamil karena kandungan nutrisinya

Para calon ibu tentunya sudah memahami bahwa kehamilan merupakan suatu periode terjadinya perubahan besar pada kehidupan seorang perempuan. Yang awalnya hanya perlu memperhatikan seputar dirinya sendiri, maka saat kehamilan tiba perhatiannya menjadi bertambah bagi satu atau lebih calon bayi yang dikandungnya. Selain kesehatan dan kebugaran selama hamil, nutrisi dari makanan juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan oleh calon ibu.

Nutrisi yang lengkap dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan seorang calon ibu dapat diperoleh dengan mengonsumsi makanan dengan pola gizi seimbang, yaitu seimbang jenis, seimbang jumlah dan seimbang jadwal makan. Artinya, setiap kali makan harus lengkap terdiri dari berbagai jenis bahan makanan, agar kandungan nutrisi dari masing-masing jenis makanan dapat saling melengkapi dan mencukupi jumlahnya sesuai dengan yang dibutuhkan. Namun, terkadang seorang calon ibu kesulitan untuk memperoleh asupan nutrisi sesuai dengan anjuran tersebut, sehingga dibutuhkan alternatif untuk mengatasinya. Biasanya digunakan tambahan bahan makanan tertentu yang padat nutrisinya seperti telur atau susu, yang dipilih bergantung pada tingkat kesukaan dan kepraktisannya untuk dikonsumsi.

Susu merupakan bahan makanan yang paling sering dipilih karena selain padat kandungan nutrisinya, juga lebih praktis dalam mempersiapkannya dan dapat disajikan dalam berbagai hidangan selain sebagai hidangan minuman biasa. Bila susu menjadi pilihan, pertanyaan selanjutnya adalah susu seperti apa yang sebaiknya diminum untuk calon ibu? 

Pertama, pilih produk susu yang rendah lemak, supaya tidak perlu khawatir terhadap kenaikan BB dan lemak darah yang berlebihan. Secara alamiah, susu merupakan bahan makanan yang kaya akan kandungan protein dan kalsium serta energi, makronutrien yang kebutuhannya meningkat selama masa kehamilan. 

Kedua, perlu diperhatikan juga kandungan beberapa nutrisi penting lainnya yang bermanfaat untuk kehamilan yang sehat, antara lain vitamin B, khususnya asam folat yang telah terbukti dapat mencegah terjadinya kecacatan pada bayi. 

Selain vitamin B, ibu juga perlu memperhatikan kandungan vitamin D pada susu. Ternyata hampir semua perempuan hamil di Indonesia kekurangan vitamin D walaupun seharusnya ibu dapat memperolehnya secara cuma-Cuma dari sinar matahari. Seringkali banyak kandungan lainnya yang ditambahkan dalam produk susu, seperti asam lemak omega-3, prebiotik, probiotik dan lainnya yang memang dibutuhkan. Selain dari susu, ibu sebetulnya dapat memperoleh zat gizi tersebut dari bahan makanan sumbernya masing-masing. 
(Dr. dr. SaptawatiBardosono, MSc)

Referensi:
WHO. Healthy eating during pregnancy and breastfeeding: Booklet for mothers. 2001

Anda punya pertanyaan seputar Nutricoach ?
Ask Doctor
Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil