Profile
Beauty & Skin Care

Stres dan Akibatnya Bagi Kulit Anda

Stres dan Akibatnya Bagi Kulit Anda

Kita tahu bahwa stres bisa memicu banyak masalah seperti gangguan tidur, masalah pencernaan, depresi dan lain sebagainya. Satu hal yang mungkin belum Anda tahu adalah, stres juga berakibat buruk bagi kulit. Kesehatan kulit bisa dipengaruhi faktor luar seperti paparan sinar matahari dan polutan, serta faktor internal seperti makanan, genetik dan stres.

 

Jerawat

Jerawat tidak disebabkan oleh stres secara langsung, tapi para ahli percaya bahwa stres berkontribusi memperburuk gejala. "Saat stres, tubuh kita melepas hormon kortisol yang dapat menyebabkan inflamasi atau peradangan dan memengaruhi produksi sebum/minyak yang pada akhirnya memicu jerawat," jelas Anna de la Cruz,  manajer senior produk kecantikan Glo. Menurut Dr. Anita Gill dari Gill Dermatology, peningkatan produksi minyak dapat menimbulkan jerawat.

"Jerawat yang dipicu oleh stres dapat dikontrol dengan menggunakan rejimen perawatan kulit pribadi, dan dengan mengurangi stres setiap hari," tambahnya. Dia juga merekomendasikan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk menentukan perawatan yang bagaimana yang tepat untuk Anda.

 

Reaktivitas kulit

Penelitian telah menunjukkan bahwa stres dapat mempengaruhi reaktivitas kulit. Bahkan, 50% dari pembeli produk kecantikan mengidentifikasi kulit mereka sebagai kulit sensitif, menurut American Academy of Dermatology. Untuk beberapa orang, sensitivitas ini hanya sementara. Ketika kulit Anda  terasa panas, gunakan bahan yang bersifat lembut dan menenangkan seperti lidah buaya dan mentimun.

 

Rosacea

Menurut National Rosacea Society, stres dapat memicu gejala rosacea. Rosacea, adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan kulit merah dan  meradang.

Memang, rosacea dapat disembunyikan dengan make up,  tetapi paling tepat adalah menuntaskan  penyebabnya, bukan gejalanya. Penyebab Rosacea masih belum diketahui tapi kondisi  dapat diperburuk oleh paparan sinar matahari, stres dan olahraga yang terlalu berat.

 

Cara Mengurangi Stres

Kadang stres sulit untuk dihadapi tapi tetap sangat penting untuk dikelola. Beberapa cara mengelola stres yang sehat:

Berolahraga secara teratur.

Sediakan waktu me time dan manjakan diri Anda.

Bermeditasi dan berlatih pernapasan dalam. Bermeditasi akan menurunkan denyut jantung dan tekanan darah.

Istirahat yang cukup. Tidurlah selama 7-9 jam setiap malam sehingga Anda akan sepenuhnya segar di pagi hari.

 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

Anda punya pertanyaan seputar Beauty & Skin Care ?
Ask Doctor
Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja Diare lazim dialami oleh anak-anak, khususnya anak-anak yang berada di bawah usia lima tahun. Disebut diare jika anak mengalami buangair besar yang lebih encer dan sering Cegah Dehidrasi Pada Anak yang Diare