Profile
Bayi

Sentuhan Penuh Harapan Ingatkan Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

Sentuhan Penuh Harapan Ingatkan Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

Sentuhan penuh harapan mengingatkan tentang pentingnya menjaga kesehatan kulit bayi.

Sentuhan ibu pada bayi sangat penting untuk menjaga kesehatan bayi. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 2015, sekitar 70.000 bayi di Indonesia kehilangan nyawanya sebelum menginjak umur 28 hari. Padahal banyak nyawa yang bisa diselamatkan dengan melakukan perawatan kulit yang tepat, seperti ritual mandi dan pijat bayi. Ritual mandi dan pijat bayi, bersamaan dengan sentuhan ibu, membantu meningkatkan sirkulasi peredaran darah yang sehat dan memperkuat kekebalan tubuh bayi. 

Lakish Hatalkar, Presiden Direktur PT. Johnson & Johnson Indonesia mengatakan diluncurkannya Program Sentuhan Penuh Harapan bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para ibu tentang pentingnya memberikan perawatan kulit yang tepat untuk bayi, khususnya selama 28 hari pertama. 

“Bersama dengan Yayasan Sayangi Tunas Cilik dan Alfamart sebagai mitra, kami memiliki misi yang sama untuk menyelamatkan kehidupan berharga seorang bayi di Indonesia. Lebih dari 100.000 ibu telah memberikan dukungannya terhadap program ini,” kata Lakish pada acara yang menandai berakhirnya program Sentuhan Penuh Harapan di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Pada acara yang sama, JOHNSON’S® Baby juga turut memperkenalkan produk terbarunya, sabun dan lotion Sensitive Touch™ untuk kulit bayi yang kering dan sensitif. 
“Bayi memiliki kulit yang lebih tipis dan rentan dibandingkan orang dewasa. Ketebalan kulit bayi yang hanya 2/3 dari kulit orang dewasa memiliki pelindung alami yang lebih sedikit. Hal ini mengakibatkan kulitnya kehilangan kelembapan 2x lebih cepat dan menjadi mudah kering. Bahkan, berdasarkan evaluasi klinis, 63% bayi memiliki kulit kering dan berisiko menjadi kulit sensitif,” jelas dr. Mirawati Setyorini, Sp.KK, FINSDV. 

Menurut dr. Mirawati, salah satu cara untuk menjaga kulit sensitif bayi adalah dengan memperhatikan kebersihan kulitnya dan memastikan kelembapannya terjaga. Produk bayi yang diperkaya dengan pelembap dapat mencegah kulit kering dan sensitif. 

 

Anda punya pertanyaan seputar Bayi ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan