Profile
Kesehatan A-Z

Selalu Lelah, Apa Yang Salah?

Selalu Lelah, Apa Yang Salah?

Rasa lelah bukan merupakan sekadar alarm bagi tubuh untuk berhenti beraktivitas, namun dapat merupakan pertanda dari adanya kelelahan atau chronic fatigue syndrome atau CFS. Biasanya, orang yang mengalami kelelahan kecenderung memiliki gejala yang berbeda satu dengan yang lain.

Gejala kondisi kelelahan secara umum memiliki periode baik dan periode buruk. Saat periode baik sedang terjadi, gejala rasa lelah yang dialami akan membaik dan orang yang mengalaminya akan mampu beraktivitas secara normal. Namun, pada saat periode buruk yang berlangsung, aktivitas sehari-hari menjadi sulit untuk dilakukan.

Rasa lelah yang dialami oleh CSF  meliputi rasa lelah secara fisik yang terus-menerus terjadi dan kelelahan secara mental. Kelelahan ini tidak dapat langsung hilang dengan tidur atau istirahat saja, sehingga aktivitas sehari-hari pun menjadi terganggu. Kelelahan yang dirasakan cenderung membuat kewalahan dibandingkan dengan rasa capek biasanya.

Saat CSF terjadi, berolahraga dapat membuat gejala semakin memburuk. Meski tidak langsung terjadi, gejala yang tertunda dan disebut sebagai post-exertional malaise ini pasti akan terjadi beberapa jam sesudahnya, atau bahkan beberapa hari kemudian.

Gejala lain dari penderita CSF adalah adanya ketidakmampuan melakukan aktivitas normal dan sederhana. Aktivitas yang dapat dilakukan benar-benar hanya berupa aktivitas kecil seperti menyikat gigi. Penderita CFS juga cenderung hanya mampu berbaring di atas tempat tidur dan seringkali tidak mampu meninggalkan rumah.

Beberapa gejala yang lain dari kondisi CFS yang dapat terjadi meski tidak dialami secara seragam oleh pasien:
1.Rasa sakit pada otot, sendi dan rasa sakit kepala parah.
2.Kemampuan berkonsentrasi dan mengingat yang sangat rendah.
3.Kesulitan mengatur pemikiran untuk menemukan kata-kata yang tepat, atau pikiran yang terasa seperti berkabut.
4.Rasa sakit yang timbul pada kelenjar getah bening, kelenjar kecil yang mengatur system imun tubuh pada manusia.
5.Rasa sakit pada perut dan masalah lainnya yang serupa, seperti timbulnya sindrom gangguan pencernaan yang ditandai dengan kondisi perut kembung, sembelit, diare atau reaksi berupa mual.
6.Adanya rasa sakit pada tenggorokan.
7.Adanya masalah pada pola tidur, di mana dapat terjadi insomnia.
8.Tidur yang dijalani tidak maksimal dan tidak membuat tubuh merasa disegarkan.


9.Munculnya sensitivitas tinggi terhadap cahaya, suara keras, konsumsi alkohol, serta makanan tertentu.
10.Mengalami kesulitan mental dan psikis, seperti timbulnya kondisi depresi, mudah terpancing emosi serta serangan rasa panik.
11.Adanya gejala seperti timbulnya rasa pusing, keringat berlebih, masalah ketidakseimbangan pada tubuh serta kesulitan mengontrol suhu tubuh.

Berdasarkan penelitian, terdapat beberapa faktor penyebab terjadinya kondisi kelelahan kronis ini, meliputi:
1.Adanya masalah pada sistem imun yang tidak berjalan secara normal.
2.Adanya ketidakseimbangan hormon yang terjadi, ditandai dengan abnormalnya jumlah darah pada hormon yang diproduksi di hipotalamus, kelenjar pituitary atau kelenjar adrenal.


Untuk mengobati kondisi CFS, obat-obatan yang dapat diminum meliputi obat anti depresi yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan memperbaiki kualitas tidur.
Untuk terapi, penderita kelelahan kronis dapat menjalani perawatan efektif dalam bentuk konseling dengan terapis serta terapi fisik untuk membantu menghilangkan rasa lelah dan melatih ketahanan tubuh menggunakan aktivitas fisik. Usahakan untuk menghindari stress dalam kehidupan sehari-hari, baik secara fisik maupun emosional. Pastikan Anda memiliki waktu untuk rileks dan beristirahat. Hindari kebiasaan tidur siang, mengonsumsi kafein, alkohol, maupun nikotin, dan jaga keseimbangan aktivitas. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan