Profile
Kesehatan A-Z

Selalu Buru-Buru Saat Sahur, Hal ini yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan!

Selalu Buru-Buru Saat Sahur, Hal ini yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan!

Selalu Buru-Buru Saat Sahur, Hal ini yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan!

Bagi sebagian orang, tantangan berpuasa adalah bangun subuh untuk sahur, yaitu makan sebelum waktu imsak dan azan subuh. Oleh karena itu, terkadang banyak orang yang berpuasa tapi tidak sahur karena lebih memilih untuk melewatkan sahur dan melanjutkan tidur. Alasannya beragam, ada yang karena malas bangun dini hari, tidur yang kebablasan, tidak nafsu makan di pagi hari, dan lainnya. Padahal, manfaat sahur sangat besar bagi kesehatan, seperti meningkatnya sistem kekebalan tubuh.

Sahur adalah waktunya tubuh untuk mengisi energi yang akan digunakan saat berpuasa.  Selama berpuasa, tubuh terus beraktivitas dan mengeluarkan cairan, sementara tidak ada asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya cairan tubuh akan terus berkurang dan berisiko mengalami dehidrasi.

Nah, yang sahur saja cairan tubuhnya bisa berkurang banyak, apalagi yang tidak sahur? Bisa-bisa tubuh mengalami tanda-tanda dehidrasi, yaitu cepat haus, sakit kepala, sulit konsentrasi, cepat lelah, mual dan muntah.

Karena berbagai manfaatnya itu, sahur tidak boleh dilewatkan. Sedikit apa pun waktu sahur Anda, pastikan ada asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Jika Anda terburu-buru saat sahur karena berbagai alasan seperti terlambat bangun, usahakan Anda memilih makanan dan minuman yang praktis namun memiliki manfaat besar untuk kelancaran puasa Anda.

Idealnya menu sahur adalah bergizi seimbang, yaitu terdapat karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral. Namun, karena waktunya terbatas, maka pilihlah menu sederhana, seperti roti gandum, buah dan minuman yang mengandung ION.

Mengonsumsi minuman yang mengandung ION seperti Pocari Sweat pada saat sahur sangatlah penting,. Komposisinya yang mirip cairan tubuh (mengandung air dan ION) mampu diserap lebih baik oleh tubuh sehingga cairan bertahan lebih lama, serta membantu mencegah dehidrasi (tidak cepat haus). Pasalnya salah satu tantangan terberat puasa bukan lah menahan rasa lapar, tapi rasa haus, terlebih bila Anda banyak beraktivitas.    

Bagaimana sih, cara kerja ION? Kandungan ION dalam POCARI SWEAT, membantu mengikat cairan sehingga cairan tubuh bertahan lebih lama dan pengeluaran cairan tidak sering dan cepat, usai diminum. Efeknya, Anda tidak akan mudah haus dan mengalami dehidrasi dengan cepat. Hal ini diperkuat dengan hasil riset dari Chang CQ dalam Chinese Medical Journal pada tahun 2010 yang menjelaskan jika kandungan ION dalam Pocari Sweat dapat menjaga cairan lebih lama. Berbeda dengan minuman lain yang bisa memberikan efek diuretik (cepat buang air kecil), yang bikin Anda gampang haus dan dehidrasi.

Jadi, ketika Anda tidak punya banyak waktu untuk sahur, ingat POCARI SWEAT. Karena ION saat sahur, jaga cairan tubuhmu lebih lama. Selamat berpuasa.  

Referensi

  1. Chang CQ, et.al. Effects of carbohydrate-electrolyte beverage on blood viscosity after dehydration in healthy adults. Chinese Medical Journal. 123: 3220-3225, 2010
Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami