Profile
Kesehatan Mental

Tips Mengatasi Stres Saat Bekerja

Tips Mengatasi Stres Saat Bekerja

Daftar pekerjaan yang tak pernah usai dapat memicu terjadinya stres. Setiap orang berlomba untuk bekerja dengan cepat dan tepat waktu. Bertemu deadline, hanya fokus pada kekuatan pribadi dapat membuat Anda merasa tertekan. Untuk itu tak ada salahnya untuk mencoba tips berikut guna menyeimbangkan stress kala bekerja :

  • Bertindaklah fleksibel
    Komunikasi dan waktu yang fleksibel adalah kebutuhan utama dunia bisnis saat ini. Penelitian menunjukkan bahwa karyawan yang bekerja dengan jadwal yang fleksibel akan lebih produktif dan setia kepada atasannya. Lakukan hal ini pada pekerjaan Anda.
     
  • Lebih efisien
    Bertindaklah efisien dengan waktu pekerjaan Anda. Jangan menunda pekerjaan yang dapat Anda lakukan dengan segera. Jika Anda harus menangani suatu projek besar, mulailah dengan menyicilnya sedikit demi sedikit. Semakin sedikit penundaan waktu yang Anda lakukan, akan semakin banyak waktu berkualitas yang dapat Anda habiskan bersama orang terdekat.
     
  • Buatlah to do list
    Tulis tujuan Anda setiap harinya. Menomorsatukan prioritas mengajarkan Anda untuk berhasil dan mampu mengontrol segala hal. Realistislah jika memang harus bekerja dengan deadline. Buatlah to do list Anda, dan pisahkan mana yang menjadi prioritas dan mana yang tidak. Mintalah bantuan orang lain jika memang diperlukan.
     
  • Berkonsentrasilah dengan musik. Dengarkan musik favorit Anda saat bekerja untuk membantu konsentrasi Anda, mengurangi stress dan menstimulasi kreatifitas. Sejak 30 tahun lalu penelitian menunjukkan berbagai keuntungan dari mendengarkan musik setiap hari, termasuk mengurangi tekanan darah. Gunakan headphone saat bekerja, perbesar volume suara musik, dan Anda akan kembali bersemangat.
     
  • Istirahat
    Bekerja juga perlu istirahat. Luangkan waktu Anda sejenak untuk beristirahat, dan lebih santai di sela-sela pekerjaan yang menumpuk. Break sesaat dapat membersihkan pikiran Anda, dan menambah kemampuan Anda untuk dapat berdamai dengan stres yang dapat kembali hadir.

 

 

 

 

 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Mental ?
Ask Doctor
Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya