Profile
Strep Throat

Sakit Saat Menelan, Ini Sebabnya

Sakit Saat Menelan, Ini Sebabnya

Sakit saat menelan? Keluhan ini memang termasuk umum, setiap orang pasti pernah mengalaminya. Meski bukan termasuk penyakit berat, namun sangat mengganggu. Pasalnya, akibat lanjutan dari keluhan ini adalah Anda akan menjadi mudah sakit karena Anda jadi tidak nafsu makan, sehingga daya tahan tubuh menurun. Padahal tubuh membutuhkan nutrisi- yang didapat dari makanan, untuk meningkatkan imunitasnya terhadap penyakit. 

Pada kasus yang lebih serius, rasa sakit saat menelan seringkali menimbulkan penyakit lain, seperti dysphagia, yaitu masalah yang timbul pada tenggorokan, atau kerongkongan yang menyebabkan pasien mengalami kesulitan dalam menelan. Penyakit ini biasanya dialami oleh orang dewasa, bayi dan orang yang memiliki masalah pada otak atau sistem saraf.

Biasanya sakit saat menelan dihubungkan dengan keluhan radang tenggorokan. Selain itu, batuk kering juga seringkali menyebabkan rasa sakit saat menelan.

Radang tenggorokan  memang dapat membuat Anda mengalami nyeri, luka dan iritasi. Kondisi tersebut yang membuat Anda  merasa sakit saat menelan sesuatu. Sedangkan sakit menelan karena batuk kering disebabkan tidak adanya lendir di tenggorokan sehingga mengakibatkan tenggorokan Anda menjadi luka atau atau iritasi saat Anda batuk.

Perlu diketahui bahwa saat Anda menelan akan melibatkan banyak saraf dan juga otot dalam mulut, tenggorokan dan esofagus. Selain itu, menelan juga melalui proses, termasuk mengunyah makanan ke bagian belakang perut dan dipindahkan ke perut. Kondisi tersebut dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri saat menelan.


Selain meninggalkan rasa tidak nyaman di tenggorokan, sakit saat menelan juga dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti:
1.Nyeri dada
2.Merasakan seperti ada makanan yang menempel di tenggorokan
3.Ada tekanan di leher atau dada bagian atas saat makan

Namun, rasa sakit saat menelan juga dapat disebabkan oleh masalah infeksi, antara lain:
1.Cytomegalovirus
2.Penyakit gusi (gingivitis)
3.Herpes simplex virus


4.Human immunodeficiency virus (HIV)
5.Radang tenggorokan
6.Sariawan

Tetapi, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat  Anda lakukan saat Anda mengalami kesulitan saat menelan, antara lain: 

1.Makanlah secara perlahan dan mengunyahnya dengan baik
2.Makan bubur 
3.Hindari mengonsumsi makanan yang sangat dingin atau  panas karena akan membuat rasa nyeri tersebut menjadi lebih buruk. (PR)


Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Anda punya pertanyaan seputar Strep Throat ?
Ask Doctor
Kejang demam atau step biasa terjadi pada anak berusia 6 bulan sampai 5 tahun dengan kenaikan suhu di atas 38 derajat Penanganan Kejang Demam pada Anak yang Perlu Anda Ketahui Kejang demam atau step biasa terjadi pada anak berusia 6 bulan sampai 5 tahun dengan kenaikan suhu di atas 38 derajat Penanganan Kejang Demam pada Anak yang Perlu Anda Ketahui