Profile
Kesehatan Seksual

Ragam Alat Kontrasepsi

Ragam Alat Kontrasepsi

Berikut adalah 5 alat kontrasepsi selain kondom dan pil dengan beragam keunggulan dan kelemahannya.

Ada beragam alat kontrasepsi atau alat pengontrol kehamilan yang beredar di pasaran. Saking banyaknya ragam pilihan, terkadang orang pun bingung memilih alat kontrasepsi mana yang akan dipakai. Masing-masing alat kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebelum menentukan mana alat kontrasepsi yang cocok untuk Anda dan pasangan Anda, sebaiknya Anda mengetahui lebih detil kelebihan dan kelemahan masing-masing alat kontrasepsi tersebut.

Pilihan alat kontrasepsi dan kelebihan serta kelemahannya :

  • Pil kontrasepsi
    Pil ini mengandung hormon yang bisa mencegah ovarium perempuan mengeluarkan sel telur sehingga mencegah kehamilan. Perempuan yang menggunakan kontrasepsi ini harus mengkonsumsi pil tersebut setiap hari, bahkan pada waktu yang sama setiap harinya.

Kelebihan :
Perempuan bisa tetap mendapatkan siklus menstruasi yang teratur dan bisa diprediksi, meskipun ada juga yang tidak mendapatkan siklus teratur.

Kelemahan :
Menimbulkan efek samping, seperti keinginan seksual yang berubah, mual dan muntah.

  • Spiral atau intrauterine device (IUD)
    Pemakaiannya dengan memasukkan alat berbentuk “T” ke dalam rahim yang dilakukan oleh ginekolog, kontrasepsi ini hanya sekali pemasangannya.

Kelebihan :
Efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan untuk jangka waktu 5-10 tahun.
Selain paling efektif, metode ini sifatnya tidak permanen sehingga bisa dilepas jika ingin punya anak lagi.

Kelemahan :
Memiliki risiko infeksi jika terjadi kesalahan dalam pemasangan. Beberapa pengguna IUD juga mengalami perdarahan dan keram dalam beberapa bulan pertamanya.

  • Suntik Hormon
    Suntik hormon dilakukan dengan cara melepaskan hormon ke dalam darah untuk mencegah ovulasi yang bisa mengakibatkan kehamilan. Kelebihan alat kontrasepsi ini adalah tidak perlu repot memasang setiap kali akan berhubungan seks. Kekurangan dari alat kontrasepsi ini adalah bisa menyebabkan iritasi ruam kulit, rasa tidak nyaman dan biasanya menyebabkan kenaikan berat badan.

     
  • Diafragma
    Alat kontrasepsi ini terbuat dari bahan karet yang fleksibel seperti mangkuk yang dipasang di atas leher rahim. Diafragma membuat sperma yang akan masuk ke rahim terhalang di leher rahim. Kelemahan alat kontrasepsi ini adalah penggunaan yang repot. Perempuan yang ingin menggunakan diafragma harus dicocokkan dulu ukurannya oleh dokter kandungan.

​Ragam alat kontrasepsi yang lain dapat diketahui pada bagian selanjutnya.


Kondom merupakan alat kontrasepsi yang paling murah, mudah didapat, bisa digunakan kapan saja dan mudah untuk digunakan. Namun, kondom mengurangi kenyamanan laki-laki.

  • Vasektomi
    Vasektomi adalah alat kontrasepsi bedah untuk pria dengan cara memutus saluran spermanya. Operasi vasektomi menghambat saluran spermatozoa yang membawa sperma keluar.

     
  • Tubektomi
    Tubektomi adalah alat kontrasepsi bedah untuk perempuan yang mana saluran tubanya diblokir atau dihambat sehingga sel telur yang dikeluarkan tidak bisa masuk ke dalam rahim. 
Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Seksual ?
Ask Doctor
 p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma  p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma