Profile
Hamil

Posisi Tidur Ibu Hamil Selama Masa Kehamilan

Posisi Tidur Ibu Hamil Selama Masa Kehamilan

Posisi tidur di masa kehamilan seringkali menjadi masalah. Pasalnya, seorang wanita hamil akan mengalami banyak perubahan. Baik dari segi fisik maupun emosional. Dan, seperti yang kita ketahui, perubahan fisiklah yang paling terlihat dari seorang wanita hamil. Jadi, semakin bertambah usia kehamilannya, maka akan semakin besar pula perutnya. 

Nah, hampir semua wanita hamil pasti mengalami susah tidur. Maksudnya, semakin besar perut, maka tidur pun menjadi suatu hal yang terganggu. Tidak hanya itu, posisi tidur yang salah pada wanita hamil dapat menyebabkan sakit punggung, pinggang, sakit perut, sesak nafas, bahkan insomnia. Berikut cara tidur ibu hamil yang dapat membuatnya nyaman selama masa kehamilan. 

Menyamping ke kiri
Posisi saat tidur yaitu dengan menyamping ke kiri merupakan salah satu posisi terbaik untuk wanita hamil. Caranya adalah dengan berbaring menyamping dengan menekuk lutut Anda ke sebelah kiri. Jangan lupa juga untuk menambahkan bantal di bawah perut, punggung, dan diantara kaki, untuk membuat Anda menjadi lebih nyaman. 

Banyak para ahli yang menyarankan untuk menggunakan posisi ini saat Anda tidur. Pasalnya, hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke plasenta bayi Anda.


Selain posisi menyamping ke kiri, Anda pun bisa mencoba beberapa tips berikut supaya tidur Anda benar-benar nyaman:

• Untuk menghindari sesak napas, baiknya letakkan bantal pada punggung Anda (pada posisi bersandar atau setengah tiduran). Hal ini dapat menyangga dada sehingga Anda dapat mengatur napas dengan baik.
 
• Gunakan kasur yang nyaman untuk wanita hamil (walaupun bukan khusus untuk wanita hamil), namun paling tidak hal tersebut tidak menimbulkan banyak tekanan pada punggung dan pinggang Anda. 

• Anda pun bisa mencoba kasur angin. Pasalnya, beberapa wanita hamil nyaman saat menggunakan kasur tersebut.

• Selain itu, Anda pun bisa berkesperimen dengan tempat tidur. Maksudnya, tidak hanya tidur di kasur saja, namun Anda juga bisa menggunakan sofa, kursi malas, atau tempat yang nyaman untuk Anda tidur. 


Lalu, posisi tidur apakah yang perlu wanita hamil hindari?
Beberapa posisi untuk tidur yang salah jelas akan sangat berbahaya bagi wanita hamil. Pasalnya, posisi tersebut bisa membahayakan ibu dan janin yang sedang berada di dalam kandungan. Dan, berikut dua posisi tidur yang harus dihindari bagi wanita hamil. Diantaranya:

• Tidur terlentang
Posisi ini jelas sangat berbahaya bagi wanita yang sedang hamil. Pasalnya, hal ini dapat menyababkan maslah sakit punggung, sulit bernafas, sistem pencernaan, wasir, tekanan darah rendah, dan penurunan sirkulasi ke jantung Anda dan bayi. 

• Tidur di perut Anda
Hal ini tentu sangat berbahaya bagi Anda dan bayi di dalam kandungan. Terlebih lagi jika kehamilan semakin membesar. Jadi, jika anak Anda meminta dirinya tidur di atas perut Anda yang sedang hamil, tolaklah dengan halus dan beri pengertian pada si kecil. (DV)

Ditinjau oleh: dr. Cepi Teguh Pramayadi SpOG

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja