Profile
Gagal Jantung

Polusi Udara Bisa Jadi Penyebab Gagal Jantung

 Polusi Udara Bisa Jadi Penyebab Gagal Jantung

Polusi udara tidak hanya buruk bagi paru-paru tapi juga bisa menyebabkan gagal jantung

Polusi tidak hanya buruk bagi kesehatan paru-paru tapi juga jantung. Ilmuwan menemukan bahwa orang-orang yang terpapar tingkat polusi udara yang rendah sekali pun dapat mengalami perubahan pada  struktur jantung, bahkan serupa dengan yang terlihat pada tahapan awal gagal jantung.

Untuk setiap satu mikrogram tambahan per meter kubik PM 2,5 — partikel kecil polusi udara — dan untuk setiap 10 mikrogram tambahan per meter kubik nitrogen dioksida (NO2), jantung membesar sekitar 1 persen, berdasarkan studi yang dipublikasikan di jurnal Circulation di Inggris.

"Meskipun penelitian kami adalah observasional dan belum menunjukkan hubungan sebab akibat, kami melihat perubahan signifikan pada jantung, bahkan pada tingkat paparan polusi udara yang relatif rendah," kata salah satu peneliti Nay Aung dari Queen Mary University of London.

Untuk penelitian ini, para peneliti melihat data dari sekitar 4.000 peserta dalam studi Biobank di Inggris, di mana relawan menyediakan berbagai informasi pribadi, termasuk gaya hidup mereka, catatan kesehatan mereka, dan rincian tentang tempat mereka tinggal.

Peserta juga melakukan tes darah dan scan kesehatan, MRI jantung (magnetic resonance imaging) digunakan untuk mengukur ukuran, berat badan dan fungsi hati para peserta pada waktu-waktu tertentu. Tim menemukan hubungan yang jelas antara mereka yang tinggal di dekat jalan yang ramai dan sibuk, dan yang terpapar nitrogen dioksida atau PM2.5 dan perkembangan ventrikel kanan dan kiri yang lebih besar di jantung.

Ventrikel adalah ruang pemompa penting di jantung dan meskipun peserta ini sehat dan tidak memiliki gejala, remodeling jantung, terlihat sudah serupa pada tahap awal gagal jantung. Penelitian menunjukkan, eksposur yang lebih tinggi terhadap polutan terkait dengan perubahan yang lebih signifikan dalam struktur jantung.

Karenanya sebisa mungkin hindari paparan terhadap polusi udara misalnya dengan menggunakan masker saat keluar rumah, Batasi juga penggunaan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi massal untuk mengurangi polusi udara.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Anda punya pertanyaan seputar Gagal Jantung ?
Ask Doctor

Related Question

Related Article

Popular Article

Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur