Profile
Asupan Makanan dan Diet

Pola Makan Sehat Buat Si Kurus

Pola Makan Sehat Buat Si Kurus

Memiliki tubuh kurus memang jadi impian banyak perempuan. Tapi, jangan senang dulu, tubuh yang terlalu kurus bisa menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari. Yang terbaik adalah memiliki tubuh dalam ukuran ideal, seimbang, tidak terlalu kurus dan gemuk. 

Sesungguhnya, menaikkan berat badan secara sehat sama menantangnya dengan menurunkan berat bedan dengan cara sehat. Penyebab berat badan yang di bawah angka normal pun seringkali berhubungan dengan masalah kesehatan, seperti adanya penyakit tertentu, nafsu makan yang rendah, tubuh yang terlalu banyak diforsir beraktivitas dan berolahraga. Serta massa otot yang berada di angka yang buruk. Selama berat badan yang cenderung kurus tidak mengganggu kondisi kesehatan, maka hal ini tidak menjadi masalah. Masalah baru timbul saat berat badan yang kecil angkanya mulai mengganggu fungsi dan kemampuan tubuh. 

Untuk meningkatkan bobot tubuh secara sehat, coba tips ini: 

1.Tidak hanya menambah kalori semata, nutrisi juga harus ditambah ke dalam tubuh.
Bukan melarikan diri ke makanan yang tidak menyehatkan untuk menempuh jalan cepat meningkatkan bobot tubuh, cara sehat untuk menaikkan berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Imbangi kekayaan kalori dengan makanan kaya nutrisi, dan tidak hanya berfokus pada lemak, gula hingga kalori kosong. Konsumsilah makanan kaya vitamin dan kalori. Dapatkan kandungannya di dalam yogurt, buah, kacang-kacangan dan lemak sehat. 

2.Perbanyak frekuensi makan berat Anda.
Makanlah setidaknya sebanyak enam kali sehari untuk memasukkan lebih banyak kalori. Selain tiga kali makan utama, tambahi lagi tiga kali makanan ringan dengan isi yang ‘berat’. Pastikan di setiap jam makan Anda memasukkan unsur makanan yang mengandung protein, zat tepung, sayuran dan lemak. Anda dapat mengonsumsi sandwich berisi daging di dalam roti gandum yang diolesi mayonaise, diisi tomat dan minum buah yang dicampurkan dengan buah sebagai makanan di antara makanan berat Anda.

3.Tingkatkan massa otot
Seperti atlet yang ingin membangun ototnya dan rutin mengonsumsi kalori dan protein diimbangi dengan latihan kekuatan, Anda dapat mengikuti cara para atlet. Konsumsilah camilan kaya protein, susu cokelat rendah lemak atau minuman berprotein segera setelah latihan angkat beban agar bobot tubuh bertambah dalam bentuk massa otot. Imbangi dengan memakan makanan kaya kalori sehat dan kaya protein.


Jenis makanan kaya protein yang harus ada dalam program penggemukan badan Anda yang sehat meliputi:

1.Konsumsi daging putih, seperti dada ayam atau daging ikan sebanyak 5 ons per sajian.
2.Konsumsi minuman berbahan dasar susu.
3.Konsumsi gandum utuh.
4.Telur sebagai sumber protein.
5.Kacang-kacangan sebagai sumber protein nabati.

Untuk meningkatkan nafsu makan, terdapat beberapa trik yang dapat dipraktikkan. Pertama, Anda dapat berjalan-jalan sebelum makan untuk memicu rasa lapar. Kedua, saat Anda tidak merasa terlalu lapar, cobalah pilih makanan yang Anda sukai atau campurkan makanan dengan bumbu-bumbu seperti cabe dan bahan rempah untuk menambah rasa. Ketiga, hindari konsumsi air sebelum makan dan minumlah air secara terpisah agar terdapat ruang untuk nutrisi mengisi di dalam tubuh. Terakhir, Anda dapat memicu nafsu makan dengan mengonsumsi buah yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan susu dengan cita rasa manis alaminya. 


Untuk menambahkan kalori dengan cara yang lebih sehat, konsumsilah lemak nabati dari kacang, biji-bijian, selai kacang, margarin almond, alpukat, hummus dan minyak. Batasi konsumsi lemak hewani karena kandungan lemak tersaturasinya yang dapat menyebabkan tubuh mengalami kolesterol jahat LDL dan berisiko menderita penyakit jantung

Untuk memvariasikan makanan yang masuk ke tubuh, Anda dapat mencampurkan sumber lemak nabati sehat dan mineral seperti kacang dan buah kering ke dalam makanan lainnya. Mulai dari mencampurkan buah kering ke dalam sereal, hingga menambahkan taburan kacang ke yogurt atau ke atas salad maupun sup, dapat Anda lakukan. Untuk menambah rasa, olah makanan dengan cara ditumis dalam minyak sehat dan tidak melulu hanya digoreng. (PA)


Ditinjau oleh: dr. Aria Wibowo

Anda punya pertanyaan seputar Asupan Makanan dan Diet ?
Ask Doctor
Gejala yang paling sering dialami adalah perdarahan abnormal. Gejala yang paling sering dialami adalah perdarahan abnormal. Gejala Kanke Serviks yang Tidak Disadari Diare pada anak seringkali dipandang sebelah mata. Kenali gejala dan cara pengobatannya. Kenali Gejala dan Pengobatan Diare Pada Anak