Profile
Asupan Makanan dan Diet

Pil Pelangsing, Benarkah Efektif Bikin Langsing?

Pil Pelangsing, Benarkah Efektif Bikin Langsing?

Banyak orang yang melakukan diet, namun selalu gagal dan akibatnya mencoba-coba pil pelangsing yang menjanjikan kurus dalam kurun waktu yang tidak masuk akal. Tapi, apakah yakin, jika meggunakan pil pelangsing akan membuat berat badan Anda turun secara permanen?

Sebaiknya berpikir dua kali sebelum menggunakannya, karena pil pelangsing tidak membuat berat badan turun secara permanen. Banyak yang sudah menggunakannya, namun hanya beberapa saat berhenti menggunakan pil pelangsing, berat badan naik drastis atau lebih dari berat badan yang sebelumnya.

Itu karena, pil pelangsing akan menahan nafsu makan Anda dan juga membatasi penyerapan karbohidrat yang ada di dalam tubuh. Efek samping yang ditimbulkan pil pelangsing antara lain, pusing, susah tidur, diare, dan cepat lelah. Jangan memaksakan untuk menggunakan pil pelangsing jika mempunyai penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau glaukoma.

Berikut ini yang terdapat di dalam pil pelangsing?

Obat Pencahar

Di dalam pil pelangsing ada kandugan obat pencahar yang akan “meluntutrkan” lemak dan “membersihkan” perut Anda. Itulah sebabnya Anda akan menghabiskan waktu yang lama untuk buang air besar. Maka dari itu, banyak pil pelangsing yang menyarankan penggunanya untuk selalu minum banyak air dalam waktu dua jam.

Perangsang

Perangsang akan membuat Anda merasa gelisah dan tegang, dan membuat deg-degan. Karena bahan yang ada di dalamnya adalah kafein, 2 atau 3 gelas kopi sama saja dengan satu pil pelangsing.

Penekan Nafsu Makan

Kebanyakan orang yang mengkonsumsi pil pelangsing akan merasa kenyang dan tidak nafsu makan. Namun, kandungan ini juga dapat membuat penggunanya mengalami masalah pencernaan seperti kembung dan diare.

Jadi, apakah pil pelangsing benar-benar bekerja? Para ahli medis terang-terangan mengatakan, tidak. “Jika kurus hanya bisa dengan obat dari botol, maka dunia akan menjadi langsing,”  kata Dr Yoni Freedhoff, seorang dokter dan pendiri Otta Bariatrik Medical Institute.

Pilihlah cara menurunkan berat badan yang sehat, yaitu dengan mengubah gaya hidup, mengatur pola makan dan berolahraga secara teratur.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Anda punya pertanyaan seputar Asupan Makanan dan Diet ?
Ask Doctor
Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tapi juga di bokong. Menjaga kebersihan diri adalah salah satu cara mengatasinya. Cara Basmi Jerawat di Bokong Sering Lelah dan Pusing? Jangan-jangan Anda Menderita Bradikardia Sering Lelah dan Pusing? Jangan-jangan Anda Menderita Bradikardia