Profile
Hamil

Perkembangan Janin Trimester Pertama

Perkembangan Janin Trimester Pertama

Bagaimana perkembangan janin trimester pertama merupakan hal yang perlu diketahui oleh wanita yang sedang hamil. Kehamilan adalah proses dimana sel sperma membuahi sel telur di dalam rahim. Selama proses kehamilan banyak hal ajaib yang bisa timbul. Berbagai perubahan pun akan datang seiring dengan perkembangan janin di dalam perut sang ibu. 
 
Pembuahan terjadi pada saat dua minggu setelah hari pertama Anda mengalami menstruasi. Sel telur pun mulai dilepaskan oleh tubuh dan siap dibuahi oleh sperma. Setiap sel telur yang dilepaskan telah memiliki 46 kromosom yang diperlukan untuk menentukan tinggi badan, warna rambut, dan jenis kelamin.
 
Setelah dibuahi oleh sperma, sel telur menempuh perjalanan turun menuju tuba falopi ke uterus. Dalam waktu 5 hingga 7 hari sel telur yang telah dibuahi akan menempel pada dinding rahim dan berkembang serta membelah diri. Setelah semua ini terbentuk,plasenta dan mulai terbentuk untuk melakukan tugasnya menyalurkan oksigen dan sari makanan untuk janin. 
 
Minggu ke-1: Embrio akan banyak mengalami pertumbuhan dengan perkembangan awal seperti otak, sumsum tulang belakang, hati, dan saluran pencernaan.
 
Minggu ke-2&3: Pada minggu ini pertumbuhan tangan dan kaki sudah dimulai, walaupun belum terlihat jelas dan belum bisa dibedakan. Jantung pun sudah mulai berdetak secara stabil, serta plasenta yang sudah membentuk dan memprosuksi beberapa hormon penting termsuk hCG. Pada minggu ini embrio sudah berukuran seperempat setengah sentimeter.
 
Apa yang terjadi pada janin Anda selanjutnya? Simak pada halaman berikutnya.

Minggu ke-4: Pada minggu ini paru-paru, rahang, dan hidung sudah mulai terbentuk. Ruas-ruas struktur pada tangan dan kaki juga sudah mulai terbentuk, sedangkan otak masih terus membentuk bagian-bagian yang kompleks. Jika Anda ingin mendeteksi jantung janin pada usia ini bisa menggunakan USG transvaginal. 
 
Minggu ke-5: Pada minggu ke-7 kehamilan, setiap organ penting sudah mulai terbentuk dalam tubuh mungkil embrio meskipun ukurannya masih sangat kecil. Rambut dan folikel sudah mulai terbentuk, begitu juga dengan kelopak mata. siku dan jari-jari pada tangan dan kaki sudah mulai terlihat.
 
Minggu ke-6: Bagian telinga mulai terbentuk pada minggu ini. Tulang-tulang, otot-otot mulai berkontraksi. Beberapa bagian sudah mulai terlihat seperti wajah yang terus berkembang semakin matang, serta terbentuknya kelopak mata.
 
Minggu ke-7&12: Perkembangan janin pada trimester pertama sudah mulai berkembang, berat badannya sudah 85 gram dan panjang 7,5 sentimeter. Pada trimester awal ini janin sudah membuat kepalan tangan dan tunas gigi bayi juga sudah muncul. Sedangkan kepala sudah hampir setengah ukuran seluruh janin.
 
Selama trimester pertama, kebanyakan wanita mengalami mual muntah atau morning sicknes. Namun, setelah memasuki trimester kedua biasanya akan hilang dengan sendirinya. Yang harus Anda perhatikan jika mual muntah tersebut sampai membuat Anda tidak makan sama sekali. Hal tersebut bisa menghambat perkembangan janin dalam kandungan, karena asupan nutrisi akan terhenti jika Anda tidak mengonsumsi makanan apapun. 
 
Lakukan pemeriksaan kandungan secara rutin ke dokter atau tenaga medis lainnya setiap bulan untuk melihat perkembangan calon bayi. Selain itu pemeriksaan rutin juga bisa melihat segala kemungkinan komplikasi selama proses kehamilan. 
 
 
Direview oleh dr. Margareta Amelia
 
Perkembangan apa yang terjadi pada janin di trimester ke-2? Lihat di sini
Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Kejang demam sering dialami oleh bayi berusia 6 bulan hingga anak berusia 5 tahun, Banyak tanda-tanda yang terjadi saat kejang demam. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika buah hati Anda mengalami ini. Cara Tepat Atasi Anak Kejang Demam Demam dan ruam bukan cuma ciri campak, lho. Bisa jadi ini gejala roseola. Demam Tinggi? Awas Roseola!