Profile
Parenting

Periode Pertumbuhan Bayi

Periode Pertumbuhan Bayi

Sejak bayi lahir, kadang pertumbuhan bayi terasa sangat lambat atau sangat cepat. Sebenarnya bayi akan tampak perubahannya setelah sepuluh minggu pertama. Kadang bayi yang pertumbuhannya lambat bisa menjadi seseorang yang luar biasa dan sukses.

Bayi atau anak yang baru bertumbuh kadang tampak biasa saja namun sebenarnya anak itu terbekati berkat kemampuan yang dimiliki. Hal yang tidak mudah diketahui adalah kemampuan apa yang dimiliki anak tersebut. Sebab saat bertanya sesuatu, si anak belum tahu jawaban apa yang diharapkan oleh orang tua. Sebagai orangtua juga tidak dapat mengharuskan anak dapat langsung membaca, kemudian menguji hasil bacaan.

Pada bulan pertama, hal yang dapat dilakukan adalah melihat perkembangan motorik dan sosial serta mengetahui tingkat inteligen anak. Apabila Anda memiliki lebih dari satu anak, maka dapat dilihat perkembangan setiap anak akan berbeda.

Dari pembelajaran ada beberapa cara untuk mempercepat perkembangan anak, atau memperlambat perkembangan anak dengan tidak boleh menyediakan lingkungan seadanya, kurang stimulasi, kurang perhatian kesehatan, atau bahkan tidak memberikan cukup kasih sayang dan perhatian.

Beberapa hal yang dapat dilihat dari sisi sosial, bagaimana membuat anak siap untuk belajar tertawa, merespon interaksi orang sekitar, dan beritahukan apa saja yang harus dilakukan. Bahasa, anak yang banyak memiliki kosakata pada umur yang masih muda maka dapat berbicara dalam satu kalimat yang tepat sebelum waktunya yang tepat. Jika anak sering mendengkur,maka nantinya si anak tersebut lebih tampak berkembang lebih cepat diantara teman-temannya.


Perkembangan motorik cepat, mulai dari bayi di dalam perut sering menendang, setelah lahir anak langsung bertindak duduk, jalan cepat. Hal ini akan tidak mempengaruhi permasalahan kesehatan maupun fisik. Perkembangan motorik lambat, Tampak pada pergerakan koordinasi tangan, dalam mengambil suatu benda atau menggunakan mana tangan yang tepat dalam melakukan sesuatu. Meskipun agak terlambat bukan berarti anak ini nantinya akan menjadi orang yang tak berguna.

Beberapa indikator perkembangan anak seperti kreativitas, selera humor, dan cara memecahkan masalah, belum tampak pada saat anak berumur satu tahun. Untuk ini orangtua harus mendukung dengan memberikan semangat, dan mengarahkan kemampuan anak 

Anda punya pertanyaan seputar Parenting ?
Ask Doctor
Penyakit Diare banyak terjadi di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia. Cuaca di Indonesia kembali tidak menentu alias musim pancaroba. Waspada Diare Berkepanjangan Diare memang terlihat sepele, namun perlu ditangani secara tepat. Berikut lima jenis makanan yang bisa membantu menyembuhkan diare lebih cepat. Diare? Konsumsi Makanan Ini