Profile
Nutricoach

Perencanaan makan untuk ibu hamil

Perencanaan makan untuk ibu hamil

Perencanaan makan untuk ibu hamil

Perencanaan makan untuk Ibu hamil, idealnya, dimulai sejak seawal mungkin.  Perencanaan makan yang baik meliputi jumlah kalori yang dikonsumsi, jenis makanan yang dipilih, dan jadwal makan sehari-hari.

Jumlah energi yang dibutuhkan Ibu hamil, tergantung pada trimester kehamilan, berat dan tinggi badan.  Pada kehamilan trimester satu, Ibu memerlukan tambahan kalori relatif tidak banyak, kecuali bagi Ibu hamil dengan berat badan kurang.  Jika sebelum hamil mempunyai berat badan kurang, Ibu hamil dianjurkan meningkatkan berat badannya hingga mencapai berat badan ideal.  Sebaliknya, Ibu hamil dengan berat badan lebih, dianjurkan membatasi asupan makannya, peningkatan berat badan 0,5-1,5 kg saja pada 3 bulan pertama sudah cukup bagi Ibu hamil dengan berat badan lebih.  Jika sebelum hamil mempunyai berat badan normal, Ibu hamil dianjurkan mengosumsi makan seperti biasa dengan tambahan 180 kkal/hari dan 300 mL air/hari.  Pada trimester selanjutnya, kebutuhan kalori akan meningkat seiring dengan perkembengan janin di rahim Ibu.  Tambahan makanan yang dianjurkan pada trimester 2 dan 3 adalah 300 kalori dan 300 mL air/hari. Contoh makanan yang mengandung 180 kalori 1 gelas susu + 1 keping biskuit, atau 1 potong lauk + 1 keping biskuit, atau 1 potong lauk + 1 porsi buah.  Contoh makanan yang mengandung 300 kalori yaitu 1 gelas susu + 1 potong lauk, atau 2 gelas susu, atau 1 potong lauk + 1 keping biskuit + 1 porsi buah.

Jenis makanan yang dianjurkan dikonsumsi bagi Ibu hamil adalah makanan yang mengandung semua zat gizi yang diperlukan, singkat kata adalah bervariasi.  Karena tidak ada satu jenis makanan yang mengandung semua zat gizi yang diperlukan tubuh, oleh karena itu parlu mengonsumsi bermacam bahan makanan agar dapat saling melengkapi.  Variasi makanan berdasarkan kelompok bahan makanan sumber adalah: bahan makanan sumber karbohidrat misalnya nasi, roti, mi, pasta, jagung, ubi; bahan makanan sumber protein misalnya telur, susu, daging, unggas, udang, kacang-kacangan, tahu, tempe;  bahan makanan sumber lemak misalnya minyak dan gajih, bahan makanan sumber vitamin, mineral dan serat yaitu sayur dan buah.

Jadwal makan bagi Ibu hamil idealnya adalah 3 kali makan utama dan 2-3 kali selingan.  Saat Ibu hamil trimester satu sering mengalami rasa mual-muntah, makan teratur sesuai jadwal yang disarankan akan mengurangi rasa tidak nyaman dibandingkan jika makan sekaligus banyak.  Makan dengan porsi kecil dan sering bermanfaat mengurangi rasa penuh dan memberikan asupan yang cukup.  Di saat lain, pada Ibu hamil besar, rasa cepat kenyang juga dapat terjadi karena desakan janin yang makin membesar.  Asupan makan yang tidak memenuhi kebutuhan saat hamil berdampak mengganggu pertumbuhan janin.  Jadwal makan yang teratur selain bermanfaat memenuhi kebutuhan gizi Ibu dan janin, juga bermanfaat menjaga keberlangsungan suplai zat gizi bagi janin.  Janin memerlukan aliran zat gizi terus menerus dari  makanan yang dikonsumsi Ibu hamil yang dialirkan melalui tali pusat janin.  Suplai zat gizi yang  sering terhenti menyebabkan janin tumbuh tidak maksimal.

 

Tabel: Penambahan kalori dan air pada Ibu hamil.

 

USIA KEHAMILAN

PENAMBAHAN (kkal)

AIR

(mL)

TRIMESTER I

180

300

TRIMESTER II

300

300

TRIMESTER III

300

300

(dr. Luciana Sutanto, M.Gizi, SpGK)

Referensi:

Angka Kecukupan Gizi 2013.

Devakumar D, Fall CHD, Sachdev HS, Margetts BM, Osmond C, Wells JCK, et al.

Maternal antenatal multiple micronutrient supplementation for long-term health benefits in children: a systematic review and meta-analysis. 2016. BMC Med. 14(1):90. doi: 10.1186/s12916-016-0633-3.

Muktabhant B, Lawrie TA, Lumbiganon P, Laopaiboon M. Diet or exercise, or both, for preventing excessive gestational weight gain in pregnancy. Cochrane Database of Systematic Reviews 2015. Issue 6. CD007145.

Nutrition and pregnancy. WHO recommendations on antenatal care for a positive pregnancy experience 3 November 2016; www.who.int/nutrition/publications/pregnant/en/

Rungsiprakarn P, Laopaiboon M, Sangkomkamhang US, Lumbiganon P, Pratt JJ.

Interventions for treating constipation in pregnancy. Cochrane Database of Systematic Reviews 2015, Issue 9: CD011448.

The American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG).  Your Pregnancy and Childbirth, Month to Month, Revised Sixth Edition. 2016.
 

Anda punya pertanyaan seputar Nutricoach ?
Ask Doctor
Kondom dikenal untuk mencegah terjadinya kehamilan. Namun sekarang kondom punya berbagai bentuk dengan fungsi yang berbeda. Kondom, Ini Bentuk hingga Fungsinya  p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma