Profile
Kesehatan A-Z

Perawatan Rambut Berminyak

Perawatan Rambut Berminyak

Perawatan rambut berminyak dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah. Penyebab rambut berminyak antara lain produksi minyak berlebihan pada kulit kepala akibat beberapa faktor seperti keturunan, tekstur rambut yang halus, fluktuasi hormon pada wanita mendekati siklus menstruasi, ataupun efek samping penggunaan hormon androgenik untuk meningkatkan massa tubuh. Selain itu, kebiasaan membersihkan rambut yang salah sehingga sampo masih tertinggal di sela-sela rambut juga dapat menyebabkan rambut berminyak. 

Untuk mengatasi rambut berminyak, ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan di rumah:

1.Sari lemon
Sari lemon tidak hanya mengandung vitamin dan mineral untuk menyehatkan rambut, namun kandungannya juga dapat mengontrol kadar minyak pada rambut agar tetap optimal. Dengan sari lemon, sisa-sisa sampo pada rambut yang menumpuk pun dapat dihilangkan. Untuk menggunakannya, peras sari lemon dan larutkan dalam air sebelum dioleskan ke kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas rambut dengan air hangat dan sampo ringan. 

2.Teh
Menggunakan teh yang secara alami membawa kandungan asam tannin dapat membantu mencegah penumpukan minyak berlebih pada kulit kepala dengan menutup rapat pori-pori pada kulit kepala. Cara menggunakannya cukup dengan melarutkan kantung teh di dalam air hangat dan oleskan air teh pada kulit kepala. Biarkan selama beberapa menit lalu bersihkan dengan sampo. 


3.Baking soda
Saat baking soda sudah dilarutkan, baking soda dapat menjadi bahan ampuh untuk mengontrol rambut berminyak. Gunakan dengan cara melarutkan dua sampai tiga sendok makan baking soda ke dalam 1 liter air, oleskan ke rambut dan biarkan selama 20 menit sebelum dibersihkan dengan sampo.

4.Cuka apel
Di dalam cuka apel, terdapat kandungan astringent yang membantu mengurangi penumpukan minyak pada rambut. Cara penggunaannya pun sama dengan bahan-bahan lainnya, yaitu dengan melarutkan ¼ cangkir cuka apel ke dalam 1 liter air, kemudian semprotkan larutan tersebut ke arah rambut. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas rambut dengan air hangat. 

5.Sampo anti rambut berminyak
Terkadang rambut Anda menjadi sangat mudah berminyak, akibat ketidakcocokan dengan sampo berbahan kimia kuat yang masih tersisa di sela-sela rambut. Sehingga, membuat rambut menjadi lepek. Mengganti penggunaan sampo dengan sampo berbahan ringan dapat menjadi alternatif bagi Anda. 


Anda juga dapat membuat sendiri sampo dengan mencampurkan air perasan lemon dengan gel lidah buaya. Sampo buatan ini, dapat digunakan hingga 1 minggu setelah peracikan jika disimpan di dalam kulkas.

Minyak atau sebum pada rambut yang dikeluarkan secara alami oleh kulit kepala, pada dasarnya memiliki fungsi melindungi rambut agar tetap sehat. Nah, saat minyak yang diproduksi justru berlebihan akibat cuaca tropis Indonesia, maupun perubahan hormon atau penyebab lainnya, Anda dapat mengaplikasikan berbagai cara alami tersebut, untuk mengontrol minyak berlebih pada rambut. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Bayi baru lahir rentan terinfeksi virus. Hindari dengan cara ini Efek Buruk Mencium Bibir Bayi Depresi tidak bisa dianggap enteng. Anda bisa membantu mereka dengan cara ini. Lakukan Ini Bila Teman Anda Depresi