Profile
Kesehatan Mata dan Pengelihatan

Penyebab Mata Kering

Penyebab Mata Kering

Tahukah Anda? Kelembapan mata tergantung pada air mata yang kuantitas dan kualitasnya berpengaruh pada kenyamanan mata. Air mata yang meliputi bagian depan bola mata berbentuk lapisan tipis yang secara garis besar terdiri dari lapisan lemak, lapisan air, dan lapisan mukus (semacam lendir).  

Di dalamnya terkandung pula antibodi-antibodi serta berbagai protein untuk perlindungan terhadap infeksi. Komponen-komponen dalam air mata ini dikeluarkan oleh kelenjar khusus yang ada di sekitar mata. Saat terjadi ketidakseimbangan dalam struktur lapisan air mata, maka akan timbul kondisi yang umumnya dikenal sebagai mata kering (dry eye).

Istilah mata kering meliputi kondisi di mana terjadi gangguan pada jumlah volume air mata yang diproduksi atau gangguan pada keseimbangan struktur lapisan air mata yang telah disebutkan di atas.

Keluhan-keluhan yang timbul dapat berupa rasa sakit, tidak tahan terhadap cahaya terang, sensasi berpasir, sensasi adanya benda asing di dalam mata, gatal, merah, dan penglihatan yang mengabur. 

Meski mata kering, kadang penderitanya justru mengeluarkan banyak air mata.  Hal ini timbul untuk mengatasi ketidakseimbangan struktur lapisan air mata. Mata pun kemudian mengirimkan sinyal untuk meminta lebih banyak pelumas, sehingga jumlah volume produksi air mata bertambah untuk menggantikan kekeringan. 

Selain diakibatkan oleh ketidakseimbangan pada sistem air mata, mata kering juga dapat disebabkan oleh pengaruh luar seperti pendingin ruangan, pengaruh iklim dan lingkungan, menopause, meminum obat tertentu seperti antihistamine atau pil KB, penyakit seperti Sjogren’s syndrome, artritis rematik, dan penyakit collagen vascular, atau gangguan pada struktur kelopak mata yang menyebabkan mata tidak dapat menutup dengan sempurna.

 


Di-review oleh dr. Artha Latief, SpM
 

 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Mata dan Pengelihatan ?
Ask Doctor
Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan