Profile
Jantung dan Pembuluh Darah

Penyakit Jantung dan Kebiasaan Merokok

Penyakit Jantung dan Kebiasaan Merokok

Merokok sudah lama dikenal sebagai biang penyakit kanker dan masalah pernapasan. Meskipun begitu, masih banyak saja orang-orang yang tetap merokok. Selain kanker dan masalah pernapasan, bahaya rokok juga dapat berimbas pada kesehatan jantung Anda. Zat yang terkandung dalam rokok dapat memicu terjadinya gangguan jantung koroner.

Orang yang merokok memiliki resiko lebih besar terkena gangguan jantung koroner. Banyaknya jumlah rokok yang dihisap, akan semakin meningkatkan resiko tersebut. Contohnya, seseorang yang menghabiskan rokok sebungkus dalam waktu satu hari, memiliki resiko terkena gangguan jantung koroner dua kali lipat ketimbang yang tidak merokok. Efek merokok akan semakin mengkhawatirkan jika terjadi pada seorang perempuan yang tengah mengonsumsi pil KB. Anda akan bersiko tinggi terkena serangan jantung, stroke dan peripheral vascular disease.

Jangan lupa, asap rokok tidak hanya memengaruhi si perokok, juga berpengaruh terhadap orang-orang di sekitarnya. Perokok pasif adalah orang-orang yang tidak merokok, namun terkena asap rokok. Perokok pasif juga turut beresiko terkena masalah kesehatan. Mereka bisa terkena masalah pernapasan kronis, kanker, dan penyakit jantung.


Nikotin, salah satu racun dalam rokok, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dalam tubuh. Misalnya mengurangi kadar oksigen dalam jantung, meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung, meningkatkan risiko penggumpalan darah, serta merusak dinding pembuluh darah jantung. Nikotin dalam asap rokok membuat jantung harus bekerja ekstra. 

Karbon dioksida di dalam asap rokok juga akan mengambil alih sebagian porsi oksigen dalam darah. Akibatnya, tekanan darah naik karena jantung harus memompa lebih keras untuk mendapatkan suplai oksigen yang cukup ke seluruh tubuh.

Selain penyakit jantung koroner, rokok juga dapat menyebabkan serangan jantung, tekanan darah tinggi, kanker paru-paru, kanker tenggorokan, emphysema (masalah pada paru-paru), maag, gusi berdarah, dan berbagai penyakit lainnya.

Setelah mengetahui seberapa berbahayanya merokok, mungkin Anda mempertimbangkan untuk berhenti merokok atau memutuskan untuk tidak mencoba merokok. Tidak merokok akan sangat membantu kesehatan Anda dan lingkungan Anda.

Berhenti merokok dapat meningkatkan harapan hidup, mengurangi risiko munculnya penyakit, tubuh menjadi lebih sehat, penampilan menjadi lebih segar dan menarik, meningkatkan kepekaan indera perasa, dan tentunya Anda dapat menghemat uang lebih banyak.

Anda punya pertanyaan seputar Jantung dan Pembuluh Darah ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya