Profile
Hipertiroid

Penyakit Hashimoto, Gangguan Sistem Imun yang Diderita Gigi Hadid

Penyakit Hashimoto, Gangguan Sistem Imun yang Diderita Gigi Hadid

Penyakit hashimoto adalah penyakit autoimun, suatu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh menyerang tiroid

Penyakit hashimoto mungkin terdengar asing di telinga. Penyakit hashimoto adalah penyakit autoimun, suatu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh menyerang tiroid (gondok), kelenjar kecil di dasar leher Anda. Kelenjar tiroid adalah bagian dari sistem endokrin Anda, yang menghasilkan hormon yang mengkoordinasikan banyak fungsi tubuh Anda.
Peradangan dari penyakit Hashimoto, juga dikenal sebagai tiroiditis limfositik kronis, sering menyebabkan kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme).  

Menurut Departemen Kesehatan dan Pelayanan Kesehatan A.S., penyakit ini sekitar tujuh kali lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Hal ini menunjukkan bahwa penyakit ini kemungkinan ada hubungannya dengan hormon seksual wanita. 

Selain itu, beberapa wanita memiliki masalah tiroid selama tahun pertama setelah melahirkan. Meski biasanya masalah ini hilang, namun sebanyak 20% dari wanita-wanita ini terkena hashimoto bertahun-tahun kemudian. Penyakit ini penyebabnya bisa jadi genetik. Pasalnya, orang-orang yang didiagnosa hashimoto biasanya memiliki anggota keluarga dengan tiroid atau penyakit autoimun lainnya. 

Paparan radiasi juga meningkatkan risiko ini, termasuk pengobatan radiasi untuk bentuk kanker darah yang disebut hodgkin. Serta konsumsi yodium yang berlebihan. Penelitian menunjukkan obat-obatan tertentu dan terlalu banyak yodium-unsur yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk membuat hormon tiroid, dapat memicu penyakit tiroid pada orang yang rentan. 

Model Victoria Secret, Gigi Hadid, salah satu selebriti yang mengalami kondisi ini. Ia  mengungkapkan penyakit hasimotonya pada tahun 2016. “Saya menderita penyakit Hashimoto, ini adalah penyakit tiroid, dan sekarang sudah dua tahun sejak minum obat untuk itu," kata Gigi pada acara NoPerfectNever Reebok di New York City. 

Seseorang mengembangkan penyakit Hashimoto ketika tubuh mereka menciptakan antibodi yang melawan kelenjar tiroid mereka, kata Melanie Goldfarb, MD, seorang ahli bedah endokrin dan direktur program tumor endokrin di Institut Kanker John Wayne di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California. 

Pada awalnya Anda mungkin tidak memerhatikan tanda atau gejala penyakit ini. Tanda pertama dari penyakit ini adalah tiroid seringkali membesar, disebut gondok atau dalam medis disebut goiter. Gondok ini dapat menyebabkan bagian depan leher Anda terlihat bengkak, sehingga bila membesar Anda akan kesulitan menelan. 

Gejala lainnya meliputi: 
-Keletihan dan kelesuan
-Meningkatnya kepekaan terhadap dingin
-Sembelit
-Pucat, kulit kering
-Wajah bengkak
-Kuku rapuh
-Rambut rontok
-Pembesaran lidah
-Kenaikan berat badan yang tidak terjelaskan
-Sakit otot, nyeri tekan dan kekakuan
-Nyeri dan kekakuan sendi
-Kelemahan otot
-Perdarahan menstruasi yang berlebihan atau berkepanjangan (menorrhagia)
-Depresi

Kapan harus ke dokter?
Temui dokter Anda jika Anda mengembangkan tanda dan gejala ini:
-Kelelahan tanpa alasan yang jelas
-Kulit kering
-Wajah pucat dan bengkak
-Sembelit

Anda juga perlu menemui dokter Anda untuk menguji fungsi tiroid Anda secara berkala jika:
-Anda sudah menjalani operasi tiroid
-Anda telah menjalani pengobatan dengan obat yodium radioaktif atau obat anti-tiroid
-Anda pernah menjalani terapi radiasi di kepala, leher atau dada bagian atas
-Jika Anda memiliki kolesterol darah tinggi, bicarakan dengan dokter Anda apakah hipotiroidisme bisa menjadi penyebabnya.

Dan jika Anda menerima terapi hormon untuk hipotiroidisme yang disebabkan oleh penyakit Hashimoto, jadwalkan kunjungan tindak lanjut sesering yang direkomendasikan oleh dokter Anda. Penting untuk memastikan Anda menerima dosis obat yang benar. Seiring waktu, dosis yang Anda butuhkan untuk menggantikan fungsi tiroid Anda bisa berubah.

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

Anda punya pertanyaan seputar Hipertiroid ?
Ask Doctor

Popular Article

Kanker payudara merupakan penyakit yang mematikan, kurangi risikonya dengan pola hidup sederhana Cara Sederhana Mengurangi Risiko Kanker Payudara Sperma atau air mani adalah sel reproduksi pada pria yang diproduksi oleh testis.Lalu bagaimana cara memperbanyak sperma yang benar menurut dokter. 6 Cara Memperbanyak Sperma