Profile
Kesehatan A-Z

Pentingnya Vitamin C Saat Hamil

Pentingnya Vitamin C Saat Hamil

Vitamin C sejatinya sangat dibutuhkan manusia dalam kesehariannya, tidak terkecuali ibu hamil.

Saat hamil,  Anda dan bayi Anda membutuhkan vitamin C setiap harinya. Vitamin C diperlukan bagi tubuh untuk membuat kolagen, protein struktural yang menjadi komponen tulang rawan, tendon, tulang, dan kulit. Beberapa peneliti percaya bahwa kekurangan vitamin C pada bayi yang baru lahir dapat menggangu perkembangan mental.

Dikenal sebagai asam askorbat, vitamin C sangat penting untuk memperbaiki jaringan, menyembuhkan  luka, pertumbuhan tulang, dan memperbaiki kulit. Vitamin C membantu tubuh  melawan infeksi yang bertindak sebagai antioksidan, melindungi sel-sel dari kerusakan.

Vitamin C juga membantu tubuh Anda menyerap zat besi, terutama dari buah-buahan dan sayuran. Bagi Anda wanita hamil, tubuh Anda membutuhkan kandungan vitamin C yang tepat. Berikut adalah jumlah vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

  • Wanita hamil usia 18 dan lebih muda: 80 miligram (mg) per hari
  • Wanita hamil usia 19 dan lebih tua: 85 mg per hari
  • Ibu menyusui usia 18 dan lebih muda: 115 mg per hari
  • Ibu menyusui usia 19 dan lebih tua: 120 mg per hari
  • Bukan wanita hamil usia 18 dan lebih muda: 65 mg per hari
  • Bukan wanita hamil usia 19 dan lebih tua: 75 mg per hari

Sayuran hijau dan buah-buahan seperti jambu biji, kiwi, kelengkeng, pepaya, brokoli,tomat, paprika merupakan sumber yang sangat baik. Pilihlah makanan segar sebagai sumber vitamin C karena suhu panas dapat merusakan vitamin ini. Juga konsumsilah beberapa sereal dan jus yang diperkaya dengan vitamin C.

Mitos yang selama ini berkembang tentang vitamin C adalah bahwa semakin asam buah, maka kandungan vitamin C-nya lebih banyak. Ternyata tidak seperti itu. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk hanya 53 mg per 100 gram jeruk. Bandingkan dengan jambu biji yang mengandung 108 mg vitamin C setiap 100 gram jambu biji. Vitamin C dengan rasa yang asam juga tidak baik bagi lambung, terutama bila Anda penderita maag/asam lambung karena bisa memperparah kondisi lambung. Bagi ibu hamil, vitamin C dengan rasa asam juga bisa mengakibatkan rasa mual. Suplemen vitamin C biasa pada umumnya bersifat asam karena pH-nya rendah. Maka itu, untuk kebutuhan ibu hamil disarankan untuk memilih suplemen vitamin C yang tingkat keasamannya mendekati air supaya tidak perih/mengiritasi lambung, serta tidak mengakibatkan mual (baca: Tips Memilih Vitamin C).

Cobalah untuk memasukkan makanan kaya vitamin C di setiap makanan Anda untuk memaksimalkan jumlah zat besi yang Anda dapatkan dari makanan tersebut.

Makanan yang mengandung vitamin C, antara lain:

  • 1 buah kiwi: 91 mg
  • ½  mangkuk paprika merah, cincang: 95 mg
  • ½ mangkuk brokoli, masak: 51 mg
  • 1 kentang panggang ukuran sedang: 17 mg
  • 1 tomat ukuran sedang: 16 mg
  • 1 mangkuk bayam mentah: 8 mg

Vitamin C dapat Anda temukan pada bahan-bahan yang mudah didapat. Namun biasanya, proses distribusi, penyimpanan, dan pengolahan seringkali membuat kandungan vitamin C tersebut berkurang drastis. Jika kebutuhan vitamin C dari buah dan sayur terasa belum mencukupi,  Anda bisa melengkapinya dengan suplemen vitamin C yang aman untuk ibu hamil.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai vitamin C yang aman untuk ibu hamil, Anda dapat mengunjungi kritismemilihvitc.com

Ditinjau Oleh: dr. Dedy G. Sudrajat, SpPD

 

Sumber : www.babycenter.com

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus ISPA, Penyakit Apa? ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus ISPA, Penyakit Apa?