Profile
Asupan Makanan dan Diet

Pentingnya Sarapan Seimbang untuk Anda yang Aktif

Pentingnya Sarapan Seimbang untuk Anda yang Aktif

Sarapan seimbang penting untuk memulai hari penuh semangat

Sarapan seimbang sangat penting untuk Anda yang memiliki gaya hidup aktif. Padatnya rutinitas, termasuk ketika terjebak di tengah kemacetan, membuat Anda membutuhkan asupan energi yang tinggi  setiap harinya. Pasalnya, jumlah kalori yang terbakar pun berjumlah besar. Dengan kata lain, aktivitas yang tinggi membutuhkan energi yang juga tinggi. 
Survey dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia menunjukkan angka kecukupan gizi di aspek jumlah energi. Kebutuhan kalori pria setiap harinya 1800-2100 kalori, sedangkan wanita 1500-1800 kalori. 

Menurut Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK., Ahli Gizi, sarapan sangat penting karena merupakan sumber energi yang pertama kali masuk. “Setelah hampir tujuh jam saluran pencernaan beristirahat selama tidur, tubuh membutuhkan asupan makanan untuk menyokong energi untuk beraktivitas dari pagi hingga malam hari. Untuk itu, penting bagi seseorang untuk mengonsumsi sarapan seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral,” kata Dr. Samuel, pada acara perkenalan varian terbaru belVITA Breakfast Pisang dan Sereal, di Jakarta (12/9/2017). 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa BMI (Body Mass Index) pada orang yang tidak sarapan lebih tinggi daripada yang sarapan. BMI yang normal berkisar antara 18-22,9. “Jadi, orang yang tidak sarapan justru berpotensi gemuk, karena dia jadi makan berlebihan pada siang dan malam hari,” katanya. 

Di tempat yang sama, pasangan selebriti Indonesia, Bunga Citra Lestari (BCL) dan Ashraf Sinclair, memaparkan keseharian mereka yang aktif. “Kegiatan saya sudah aktif sejak pagi, maka itu saya memerlukan asupan nutrisi yang seimbang untuk mendongkrak mood,” ucap BCL. “Meski sama-sama aktif, kami berdua selalu berusaha menyempatkan untuk sarapa. Kami juga mencoba menerapkan kebiasaan mudah untuk menjalani aktivitas dengan penuh semangat,” tambah Ashraf yang mengajak masyarakat untuk menjalani Tantangan Semangat Pagi dari belVita. 

Tentang varian baru belVITA, Maggie Effendy, Head of Biscuits Mondelez Indonesia memaparkan bahwa belVITA Breakfast Pisang dan Sereal merupakan perpaduan lezat antara gandum utuh dan rasa pisang, sebagai salah satu buah yang paling digemari di Indonesia. 

 

Anda punya pertanyaan seputar Asupan Makanan dan Diet ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan