Profile
Health A-Z

Pentingnya Emoji untuk Seks Aman

Pentingnya Emoji untuk Seks Aman

Dalam rangka memeringati hari AIDS Sedunia 2015, Durex menyampaikan pentingnya seks aman melalui emoji di berbagai jejaring social dan mobile messenger. Emoji adalah salah satu faktor pelengkap dalam berkomunikasi di jejaring sosial maupun mobile messenger. Emoji bisa digunakan untuk mengekspresikan diri dan emosi penggunanya.  Kampanye penggunaan seks aman ini diluncurkan pada Jumat, 27 November lalu di Jakarta dengan menghadirkan psikolog skesual, Zoya Amirin, sebagai pembicara bersama dengan Marketing Director Reckitt Benckiser Indonesia, Faraz Zhamsi. 

Prevalensi HIV di Indonesia adalah sebesar 0.16% dari keseluruhan populasi penduduk. Indonesia termasuk dalam negara epidemik HIV.  Kasus HIV di Indonesia adalah salah satu yang tercepat di Asia. Jumlah orang dengan HIV di Indoensia selama kurun waktu lima tahun terakhir mengalami peningkatan sebesar 52 persen. 

Untuk itu, diperlukan dukungan dari semua pihak untuk berbagi informasi dan edukasi mengenai infeksi menular seksual serta bagaimana menerapkan seks yang aman. “Topik mengenai mengenai seks aman sudah seharusnya menjadi bagian dari percakapan sehari-hari.” Ujar Faraz.

Sementara itu, menurut Zoya, seks seringkali masih dianggap sebagai topik yang tabu untuk dibicarakan. Hal ini membuat diskus tentang penyakit infeksi menular seksual dan berhubungan yang aman tidak menjadi bagian dari percakapan sehari-hari. Padahal, kita tidak bisa menutup mata bahwa seks kerap didiskusikan dengan sesama teman baik di dunia maya dan mobile messenger.


Riset dari Durex mengungkapkan bahwa 80 persen responden mengatakan bahwa mereka lebih mudah mengekspresikan diri dengan menggunakan emoji, sedangkan 84 responden lebih nyaman berbicara tentang seks dengan menggunakan emoji.

Alasan Durex meluncurkan kampanye global yang mendorong pembuatan emoji berhubungan yang aman adalah kaena hingga saat ini di media sosial dan mobile messenger, emoji tersebut belum tersedia. 


Emoji tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat dalam membuka diri saat berdiskusi mengenai seks yang aman, juga meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya penggunaan kondom dalam melindungi diri dari infeksi menular seksual, termasuk HIV dan AIDS. Dalam kampanye global ini, Durex mengundang semua orang untuk menggunakan dan menyebarkan hashtag #CondomEmoji dalam mendukung seks yang aman.

 

Anda punya pertanyaan seputar Health A-Z ?
Ask Doctor
Gondongan atau mumps atau parotits adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan peradangan dan pembengkakan kelenjar ludah. Gondongan Bisa Dicegah Dengan Imunisasi Gondongan atau mumps atau parotits adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan peradangan dan pembengkakan kelenjar ludah. Gondongan Bisa Dicegah Dengan Imunisasi